Menyongsong Sensus Penduduk 2020 di Bumi Kalwedo

By admin15 07 Feb 2020, 11:33:49 WIB Pemerintahan
Menyongsong Sensus Penduduk 2020 di Bumi Kalwedo

Tiakur - malukubaratdayakab.go.id -  Kabupaten Maluku Barat Daya akan melaksanakan satu hajatan penting nasional dalam waktu dekat, Sensus Penduduk 2020 (SP2020). Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Maluku Barat Daya, Corneles Bulohlabna, menyatakan, terdapat terobosan baru pada pelaksanaan SP2020 kali ini.

Yang pertama, BPS akan menggunakan metode kombinasi dengan memanfaatkan data dasar dari adminduk sebagai prelist atau bekal data untuk pencatatan lapangan. Menurutnya, metode ini dipilih sebagai upaya sinkronisasi data kependudukan dan merupakan langkah penting perwujudan Satu Data Kependudukan khususnya di Kabupaten Maluku Barat Daya.

Sebelumnya diketahui bahwa terdapat perbedaan antara jumlah penduduk yang tercatat di Dinas Dukcapil dengan data proyeksi penduduk BPS Kabupaten Maluku Barat Daya. Dengan menggunakan metode baru ini, nantinya SP2020 akan menghasilkan jumlah penduduk baik de facto maupun de jure.

Baca Lainnya :

Terobosan lainnya adalah pelaksanaan Sensus Penduduk Online yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 Februari s.d. 31 Maret 2020. Masyarakat bisa mengisi sensus secara mandiri melalui https://sensus.bps.go.id dengan mempersiapkan data berupa Kartu Keluarga (KK), KTP, Buku Nikah, Akta Cerai, dan dokumen lainnya agar pada waktu pengisian data hanya perlu mencocokkan saja, tidak perlu repot mencari lagi.

Sedangkan bagi masyarakat yang belum sempat berpartisipasi dalam Sensus Penduduk Online, nantinya akan didatangi dan diwawancara oleh petugas sensus. Pencacahan lapangan akan dilaksanakan pada tanggal 1 s.d. 31 Juli 2020.

Belum lama ini, BPS Kabupaten Maluku Barat Daya sudah melakukan sosialisasi ke OPD terkait. Hal ini disampaikan oleh Kepala BPS Kabupaten Maluku Barat Daya saat tatap muka dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Barat Daya Drs.A. Siamiloy, Msi di ruang kerjanya.

.Menyikapi hal itu, Drs. A. Siamiloy. M.Si, menyatakan “Sensus Penduduk 2020 ini merupakan kesempatan penting untuk kita untuk memperbarui data kependudukan supaya sesuai dengan keadaan sebenarnya”.

Beliau juga mewakili Bupati mengajak seluruh ASN di lingkungan Pemkab. MBD  untuk mensukseskan SP2020 dengan mewajibkan pengisian Sensus Penduduk Online dan menjadikannya sebagai bahan evaluasi.

Mari kita sukseskan Sensus Penduduk 2020. Anda tercatat, data akurat.

#MencatatIndonesia ( Sumber : BPS. Kab. MBD)


 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment