MERIAH, PERTAMA KALI DISELENGGARAKAN FESTIVAL KALWEDO 2019 SUKSES DIBUKA BUPATI MBD

By DiskominfoMBD46 13 Nov 2019, 19:03:10 WIB Seni & Budaya
MERIAH, PERTAMA KALI DISELENGGARAKAN FESTIVAL KALWEDO 2019 SUKSES DIBUKA BUPATI MBD

Tiakur, www.malukubaratdayakab.go.id – Festival Kalwedo 2019 digelar di Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya pada 11-15 November 2019, yang terdiri dari Lomba Pacuan Kuda, Lomba Tarian Tradisional dan Pemilihan Putri Pariwisata Maluku Barat Daya. Festival ini dilaksanakan bertepatan dengan hari peletakan batu pertama pembangunan infrastruktur di kota Tiakur 8 tahun yang lalu.

Pembukaan Festival Kalwedo berlangsung pada Senin(11/11/2019) pukul 20.00 WIT di Lapangan Kalwedo, Kota Tiakur, yang dibuka oleh  Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Th. Noach, S.T  dengan didamping  oleh Ibu Relly A. H. Noach, dan dihadiri oleh Ketua Pengadilan Negeri Saumlaki berserta Ibu,  Kajati MBD, Kapolres MBD, Pabung TNI AD, Pabung TNI AU, Ketua DPRD Kab. MBD, Sekretaris Daerah Kab. MBD Drs. A. Siamiloy, M.Si bersama Ibu, Pimpinan OPD, Seluruh Pejabat Struktural, Pejabat TNI dan Polri, Para Alim Ulama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Para Camat, Para Kepala Desa,  Para Utusan dari 17 Kecamatan, serta masyarakat dan dimeriahkan dengan penampilan tarian-tarian adat oleh siswa-siswi dari tingkat SD, SMP dan SMA yang diiringi oleh tamburan tifa dan nyayian lagu daerah serta drama musikal yang diadaptasi dari cerita rakyat dari Pulau Luang, Kecamatan Mdona Hyera yang diikuti dengan parade kontingen kecamatan.

Ada 17 Kecamatan yang menjadi peserta di Kabupaten Maluku Barat Daya yang mengikuti acara ini antaranya Kecamatan Wetar Barat, Kecamtan Wetar Timur, Kecamatan Wetar Utara, Kecamatan Wetar, Kecamatan Pulau-pulau Terselatan, Kecamatan Kisar Utara, Kecamatan Kepulauan Romang, Kecamatan Leti, Kecamatan Moa Lakor, Kecamatan Lakor, Kecamatan Damer, Kecamatan Mdona Hyera, Kecamatan Wetang, Kecamatan Kepulauan Babar, Kecamatan Babar Timur, Kecamatan Dawelor-Dawera, dan Kecamatan Marsela, dengan menampilkan penampilan terbaik pada saat perlombaan pacuan kuda dan tarian tradisional serta dalam ajang pemilihan Putri Parawisata Maluku Barat Daya.

Baca Lainnya :

Selain itu Ibu Relly A. H. Noach pun juga turut serta dalam mengisi acara ini bersama dengan 800 personil pendukung acara, dan dipenghujung acara semakin dimeriahkan dengan pertunjukan pesta kembang api.

Tujuan Festival ini untuk memperkenalkan kekayaan seni budaya dan kearifan lokal yang menggambarkan identitas dan ciri khas Maluku Barat Daya kepada dunia luar. “Inilah surga disebelah selatan Indonesia, surga yang tidak kelihatan, oleh karena itu hari ini kita angkat surga ini, kita angkat nilai-nilai yang terkandung didalam kehidupan masyarakat kita, supaya dilihat oleh semua orang, dipandang oleh semua orang agar Maluku Barat Daya tidak lagi menjadi tenggara jauh seperti kemarin, tidak lagi menjadi wilayah yang keterbelakang“, kata Bupati dalam sambutannya.

Diakhir sambutannya Bupati mengajak seluruh unsur masyarakat untuk bersatu melawan kemiskinan dan memberantas kebodohan di Kabupaten Maluku Barat Daya.  Kalwedo... (Diskominfo-MBD)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment