PLN dan RSCM Beri Bantuan dan Pengobatan Gratis bagi Warga Pulau Liran

September 22, 2017 3:35 am

Setelah memberikan bantuan pemasangan listrik gratis untuk 130 rumah, sekolah, dan lampu penerangan jalan, Perusahaan Listrik Negara (PLN) menggandeng RSCM-FKUI Jakarta untuk memberikan bantuan pengobatan gratis bagi warga Pulau Liran, Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku. Sebanyak 19 anggota tim RSCM yang terdiri dari dokter spesialis, refraksionis, dan apoteker hadir dalam acara itu.

Bantuan dilakukan dalam rangka menindaklanjuti kunjungan Menteri BUMN bersama Direktur Utama PLN ke Pulau Liran pada 7 Agustus 2017.

“Sesuai janji Dirut PLN kami kembali datang untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada warga Pulau Liran. Untuk itu kami menggandeng RSCM yang menyambut baik acara ini. Hal ini sebagai perwujudan keseriusan PLN yang merupakan bagian dari BUMN untuk memberikan perhatian hingga pelosok Nusantara,” kata Direktur Human Capital Management PLN Muhamad Ali.

Acara bertajuk PLN Peduli Pulau Liran bersama Tim Dokter RSCM-FKUI Jakarta tersebut di antaranya memberikan pengobatan untuk penyakit dalam, penyakit THT, penyakit mata. Hadir pula dokter anak dan dokter kulit. Selain itu, PLN dan RSCM juga membagikan obat gratis dan kacamata baca, serta penyuluhan kepada warga.

Direktur Medik dan Keperawatan RSCM Ratna Dwi Restuti mengungkapkan, RSCM sangat mendukung kegiatan yang dilakukan PLN di pulau terluar Indonesia. Hal ini sebagai wujud kepedulian bersama untuk warga terdepan Indonesia.

“Selain kegiatan bakti sosial berupa pengobatan, di acara ini kami juga memberikan penyuluhan yang tujuannya untuk promotif dan pencegahan, mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan,” kata Ratna.

Acara pengobatan gratis ini disambut antusias warga. Lebih dari 500 warga turut serta dalam acara pengobatan gratis. Tidak hanya warga asli Pulau Liran, sejumlah warga dari beberapa pulau seperti Pulau Wetar juga mengikuti pengobatan gratis.

“Kami sengaja berangkat ke sini dari kemarin, untuk mengikuti pengobatan gratis, karena pengobatan dari dokter tidak bisa kami jumpai di Pulau Liran. Biasanya untuk mendapatkan pengobatan kami harus ke Ambon,” kata Seth, salah satu warga Pulau Wetar.

Sebagai BUMN, PLN berkomitmen menjadi agen pembangunan serta bersinergi untuk membangun Indonesia. Untuk itu, PLN berusaha terus hadir di tengah masyarakat terutama di daerah perbatasan, terluar, dan terdepan.

Selain mengadakan pengobatan gratis, PLN juga memberikan bantuan berupa 300 paket sembako, 32 petak jaring apung, alat kompresor untuk menyelam, dan alat pancing. Selain itu, PLN juga akan memberikan bantuan berupa tujuh kapal untuk warga.


Bagikan artikel ke :