Rapat Paripurna Istimewa Pengucapan Sumpah Janji Pimpinan DPRD Kab. MBD

By DiskominfoMBD92 21 Jan 2020, 14:42:42 WIB Pemerintahan
Rapat Paripurna Istimewa Pengucapan Sumpah Janji  Pimpinan DPRD Kab. MBD

Tiakur - malukubaratdayakab.go.id -  Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Maluku Barat Daya dalam rangka Pengucapan Sumpah Janji Pimpinan DPRD Kab. MBD Masa Jabatan 2019 – 2024 berlangsung di ruang Sidang Kantor DPRD Kab. MBD, selasa (21/01/2020). Rapat diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Gubernur Maluku oleh Sekretaris DPRD Kab. MBD dengan Nomor : 318 Tahun 2019 tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Maluku Barat Daya Masa Jabatan 2019 – 2024.

 Pengambilan sumpah janji Pimpinan DPRD Kab MBD masa jabatan 2019 - 2024 dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Saumlaki, Saiful Anam, SH, Pimpinan DPRD Kab. MBD Masa Jabatan 2019 – 2024 adalah sebagai berikut : Ketua. Petrus Aswerus Tunay, A.Md asal Partai Demokrat Indonesia-Perjuangan (PDI-P), Wakil Ketua : Ever Mose asal Partai Gerindra, Wakil Ketua : William B.O E. Kahjoru, SH, asal Partai Hanura.

Baca Lainnya :

Usai mengucapkan sumpah janji, Ketua DPRD Kabupaten Maluku Barat Daya, Petrus Aswerus Tunay, A.Md dalam pidatonya  mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginyanya atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan untuk memimpin DPRD Kab.MBD periode 2019-2024, ini bukan karena keinginannya tetapi ini merupakan kepercayaan partai dan mandat rakyat.

 

Lebih lanjut dikatakan bahwa kepemimpinan DPRD yang bersifat kolektif  kolegial harus diwujudkan dengan membangun semangat kebersamaan, semangat gotong royang dan semangat kerjasama yang nantinya dapat mengoptimalkan tugas dan fungsi sebagai wakil rakyat dengan mengkomunikasikan berbagai masukan, saran dan dukungan dari segenap anggota dewan  yang terhimpun dalam fraksi, komisi dan alat kelengkapan DPRD lainnya.

"Hanya dengan semangat kerja sama dan pengabdian yang tulus dari semua Anggota DPRD Kab. MBD maka kita akan menjalankan amanat  sebagai wakil rakyat karena tugas ini  merupakan amanat mulia dan tanggung jawab yang harus di tunaikan bersama. Hasil pemilu 2019 merupakan perwujudan dari  kedaulatan segenap rakyat Maluku Barat Daya dan merupakan tanggung jawab konstitusional kita bersama  untuk melaksanakan hasil pemilu 2019. Melalui fungsi legislasi, fungsi anggaran dan fungsi  pengawasan serta memperjuangkan aspirasi rakyat, DPRD Kab. MBD diharapkan dapat turut mewujudkan tujuan bernegara dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab terhadap segenap masyarakat Maluku Barat Daya yaitu melindungi dan memajukan kesejahteraan masyarakat Maluku Barat Daya,  mencerdaskan kehidupan masyarakat Maluku Barat Daya dalam bingkai Negara Kesatuan RI” kata P. A. Tunay, A.Md

 Selain itu juga Tunay menyampaikan atas nama rakyat Maluku Barat Daya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bupati Maluku Barat Daya berserta jajarannya atas kesungguhan dan ketulusan di dalam membangun Kabupaten Maluku Barat Daya ini  melalui berbagai program dan kegiatan yang telah dilakukuan, rakyat juga berharap membangun sarana dan prasarana lainnya untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Maluku Barat Daya. Dengan hubungan kemitraan antara Pemerintah Daerah dan DPRD maka kita kan bersama-sama melihat kebutuhan rakyat yang perlu diperbaiki dan dibenahi di masa yang akan datang.

 Sementara itu, Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Th. Noach, S.T dalam sambutannya mengatakan atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Maluku Barat Daya menyampaikan selamat mengemban tugas kepada Pimpinan DPRD Masa Jabatan 2019 -2024. Pelantikan Pimpinan DPRD ini merupakan momentum yang penting dan strategis bagi DPRD Maluku Barat Daya untuk melakukan pengutan kelembagaan. Unsur pimpinan yang baru di ambil sumpah dan  janjinya agar optimal menjalankan tugas dan tanggung jawab  yang diemban serta mampu menahkodai DPRD untuk tetap dan terus menampilkan kinerja yang baik, yang mampu mendukung gerak langkah pembangunan di Kabupaten Maluku Barat Daya yang kita cinta ini.

 Selanjutnya Bupati mengatakan Pimpinan DPRD sangat menentukan keberhasilan lembaga DPRD dalam menjalankan ketiga fungsi utamanya dalam pemerintahan daerah. Artinya bahwa pimpinan DPRD memiliki tanggung jawab yang sama dengan kepala daerah untuk mencapai tujuan penyelenggaraan pemerintahan daerah sehingga pimpinan DPRD, Anggota DPRD dan Pemerintah Daerah bekerja sama untuk memastikan semua tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakan dapat berjalan dengan lancar.  Harapan ini dapat terwujud apabila masing-masing kita menjalankan tugas dan fungsi dengan tulus dan penuh kesungguhan untuk  melayani masyarakat dan membangun daerah yang kita cinta ini.

 "Mengingat tantangan yang kita hadapi saat ini tidaklah ringan yakni dalam menurunkan tingginya angka kemiskinan, maka berbagai keberhasilan yang telah kita capai harus kita pertahankan dan tinggkatkan, kondisi masyarakat di wilayah kabupaten yang terus berkembang  baik secara sosial dan ekonomi juga  menuntut pengaturan agar kita mampu mewujudkan masyarakat yang maju, produktif dan berdaya saing. Harapan besar ini dapat terwujud jika kita terus bersatu, bekerja bersama dan bergerak cepat", tutur Bupati.

 

Diakhir sambutannya Bupati mengucapkan selamat bertugas bagi pimpinan DPRD Kab. MBD masa jabatan 2019-2024, bersama kita membangun, mewujudkan Maluku Barat Daya yang cerdas, adil, sejahtera, tangguh dan lestari. Semoga apa yang kita rencanakan dan kerjakan sebagai bentuk pengabdian kepada bangsa dan daerah mendapatkan rahmat dan perkenaan Tuhan. “Kain tenun MBD amatlah menarik, dipandang mata amatlah betah, pimpinan dewan yang sudah dilantik semoga membawa kemajuan daerah”

 

Hadir dalam paripurna ini, Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Th. Noach, S.T bersama Ketua Tim PKK Kab MBD, Ibu Relly A. Noach, Ketua Pengadilan Negeri Saumlaki bersama Ibu Ria Saiful Anam, Kapolres, Kajari bersam Ibu Irawati Haryono, Pimpinan dan Anggota DPRD Kab. MBD, Perwira Penghubung Kodim 1507 Saumlaki. Sekretaris Daerah bersama Ibu, Staf Ahli, Asisiten, Pimpinan OPD dan Pejabat Struktural Lingkup Pemkab. MBD, Pimpinan Instansi Vertikal, Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Maluku,Malut, apua dan Papua Barat Pimpinan Partai Politik , Ketua dan Anggota KPUD Kab. MBD, Ketua dan Anggota Bawaslu Kab. MBD, Komandan BKO, Danki Brimob dan undangan lainya. (Diskominfo-MBD)






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment