85 ANGGOTA PPK MBD DILANTIK

By admin15 03 Mar 2020, 14:20:27 WIB Pemerintahan
85 ANGGOTA PPK MBD DILANTIK

Tiakur- malukubaratdayakab.go.id - Bertempat di Ruang Serbaguna Penginapan Michelle Celine, Kaiwatu, Senin (02/03/2020) dilaksanakan pelantikan 85 Angotta Pantia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Maluku Barat Daya. Hadir dalam acara tersebut Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Th. Noach, S.T Ketua DPRD Kab. MBD, Kapolres MBD, Kajati MBD, Pabung Kodim 1507 Saumlaki, Pabung Kodim Persiapan Moa, Pabung AU, Pabung AL, Danki Brimob, Ketua dan Anggota KPU, Ketua dan Anggota Bawaslu serta anggota PPK se-Kab. MBD.

Ketua KPU Kab. MBD, Jan Alopatti Demni melantik anggota PPK berdasarkan Surat Keputusan       nomor : 02/PP.04-KPT/818/KPU-KAB/II/2020.  Dalam sambutannya Ketua KPU menyampaikan bahwa 85 Anggota PPK yang terpilih adalah benar mereka yang telah melewati proses seleksi administrasi, seleksi tertulis, wawancara serta pemeriksaan kesehatan.  Mereka yang terpilih dianggap layak dan kompeten, mampu dan jujur dalam membantu KPU Kab. MBD dalam melaksanakan tugas-tugas penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Maluku Barat Daya Tahun 2020.

Pilkada di MBD banyak mendapat perhatian dari berbagai pihak, sehingga ada yang beranggapan bahwa demokrasi di MBD mengalami masa degradasi. Namun hal tersebut tidak akan menggangu pelaksanaan pilkada nanti. Pilkada ini menjadi teropong bagi penyelenggara untuk menjaga integritas, jujur, adil dan menyakinkan publik bahwa hasil pilkada ke depan dapat diterima oleh semua orang. Menurutnya dari pengalaman yang ada biasanya penyelenggara pemilu menjadi teman bagi yang menang dan menjadi musuh bagi yang kalah untuk itu supaya rakyat tidak berpikir demikian sebagai penyelenggara harus berdiri tegak dan berpedoman pada peraturan perundang-undangan.

“Kepada partai politik, para calon yang akan berkompetisi, silahkan berkompetisilah secara sehat, kami KPU Kab. MBD dan seluruh penyelenggara sampai pada tingkat yang paling bawah tidak akan terpengaruh  dan dipengaruhi oleh apapun” ucap Alopatti.

Baca Lainnya :

Mengakhiri sambutannya, Alopatti mengucapkan terima kasih kepada Bupati Maluku Barat Daya dan Ketua DPRD Kab. MBD atas dukungan dan fasilitas anggaran yang diberikan bagi pelaksanaan pilkada nanti dan semua pihak yang telah membantu diantaranya  Kapolres MBD, Kajari MBD, Sekretaris Daerah Kab. MBD, Kesbangpol Kab. MBD, Bawaslu untuk kebersamaan dan hubungan kerja yang di bangun selama ini.

Selanjutnya Bupati Maluku Barat Daya dalam sambutannya mengatakan bahwa, anggota PPK yang dilantik hari ini adalah benar-benar sehat jasmani dan rohani, kejiwaannya harus bagus dikarenakan tugas dari PPK itu dibawah tekanan. Pemilihan kepala daerah merupakan pemilihan rutin yang dilakukan setiap 5 tahun sekali, Beliau menggambarakan kondisi pemilihan langsung yang dilakukan oleh Bangsa Indonesia, banyak orang yang meragukan Indonesia namun setelah berjalan memang pada awalnya masih ada hambatan tapi setelah pemilihannya dilakukan secara berulang-ulang rakyat jadi mengerti bahwa ini hanya kompetisi biasa yang tidak boleh memutus tali persaudaraan, tali silaturahmi antar sesama anak bangsa.


Anggota PPK yang dilantik hari ini mendapat mandat/tugas dari Negara untuk menjadi “wasit” dalam pertandingan besar, dan bukan hanya bertanggung jawab pada Negara tapi lebih penting mempertanggung jawabkan seluruh pekerjaan saudara-saudara kepada Tuhan, kata Bupati.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan kepada seluruh anggota PPK untuk mengawal demokrasi ini dengan baik karena bukan menyangkut  siapa yang akan menjadi kepala daerah tetapi berkaitan dengan hak dan kedaulatan rakyat, aspirasi rakyat yang harus dijaga supaya benar-benar adalah demokrasi yang berhikmat, demokrasi yang menghasilkan pemimpin yang bijaksana. Demokrasi yang ingin memunculkan pemimpin yang berada disemua jenjang. Pemimpin yang mendapat dukungan penuh dari rakyat.

Saya berharap Pemerintah Daerah, seluruh stakeholder dan masyarakat Maluku Barat Daya yang berada di daerah ini bertanggung jawab penuh atas pelaksanaan pilkada Tahun 2020 ini. Pilkada ini harus berjalan dengan damai, aman dan gembira ria. Sekalipun Kabupaten Maluku Barat Daya mendapat banyak sorotan tetapi menjadi tanggung jawab kita untuk tetap melaksanakan pemilihan kepala daerah secara aman, damai, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil, tutur Bupati.

Pemerintah Daerah siap mendukung semua kebutuhan yang dibutuhkan dalam rangka menyukseskan pilkada Tahun 2020 ini, ucap Bupati diakhir sambutannya. Kalwedo… (Diskominfo-MBD)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment