87 CPNS GOLONGAN II MENGIKUTI PELATIHAN DASAR CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL

October 28, 2019 12:28 am

Tiakur, malukubaratdayakab.go.id – Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan II Angkatan V yang dilaksanakan di Kota Tiakur, Kamis(24/10/2019) bertempat di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), dibuka oleh Sekretaris Daerah, Drs. Alfonsius Siamiloy, M.Si, didampingi oleh Kepala Bidang Pengembangan Manajerial Kompetensi dan Fungsional BPSDM Provinsi Maluku, Faizal Ahmad, S.STP, M.Si, dan dihadiri oleh para pimpinan OPD serta diikuti oleh peserta Latsar dari Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Barat Daya 42 orang dan Pemerintah Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat 45 orang.

Latsar CPNS adalah syarat bagi CPNS untuk diangkat menjadi PNS dengan tujuan untuk membentuk PNS professional yang berkarakter dan menanamkan nilai bela negara, nilai-nilai ASN serta mampu menjalankan tugas dan fungsi pokok sebagai  Aparatur Sipil Negara (ASN). Kegiatan ini berlangsung selama 51 hari kerja dari tanggal 22 Oktober 2019 sampai 21 Desember 2019 dengan perincian 21 hari kerja pembelajaran klasikal on campus yaitu pemberian materi oleh widyaswara yang berlangsung di Aula Kantor Bappeda dan 30 hari kerja pembelajaran non klasikal off campus yaitu aktualisasi pada tempat tugas masing-masing.

Dalam sambutannya, Drs. A. Siamiloy, M.Si menyampaikan harapannya untuk kegiatan Latsar ini, ”Dengan adanya pelatihan ini para peserta akan membentuk watak dan pola pikir nasionalis serta bela negara yang baik. Sekarang dewasa ini karena kemajuan teknologi dan globalisasi yang canggih, sehingga banyak PNS-PNS yang meninggalkan etika-etika dan moral-moral yang menjadi pembatas PNS, terkadang saat sudah berstatus PNS jika berpapasan dengan pejabat-pejabat senior yang bukan atasannya hanya dilewati begitu saja, menabrak dan sebagainya. Hal ini tidak boleh, kita mempunyai etika yang membatasi kita dalam pergaulan kita sebagai PNS”.

Faizal Ahmad, S.STP, M.Si dalam membacakan sambutan Kepala BPSDM Provinsi Maluku menyampaikan pola diklat dalam jabatan PNS akan seperti dengan pola diklat Latsar ini, ”kedepan dan dimulai pada tahun 2020 nanti, seluruh diklat dalam jabatan PNS akan mengikuti pola seperti diklat Latsar ini, dimana akan ada penguatan-penguatan Pancasila dan bela negara, serta yang awal diklatnya memiliki lima tahapan dan akan dikembalikan menjadi tiga tahapan, dan pelatihan dasar ini menjadi Pilot Project untuk semua diklat dalam jabatan PNS”.(diskominfo)


Bagikan artikel ke :