Benahi rangkap jabatan, Bupati lantik Pejabat Eselon dan Penjabat Kepala Desa Lingkup Pemerintah Kabupaten MBD. Bupati : “Jangan lampaui kewenangan, tapi pergunakanlah kewenangan itu sebesar besar untuk kesejahteraan rakyat, bukan untuk kepentingan orang per orang”.

November 4, 2019 1:56 am

Tiakur – malukubaratdayakab.go.id – Bupati MBD (Maluku Barat Daya), Benyamin Th. Noach, S.T., kembali melantik dan mengambil sumpah jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dan Pengawas serta Penjabat Kepala Desa di Wetar dan Romang pada Senin (28/10/2019) bertempat di Kantor Kecamatan PP. Terselatan – Wonreli.

Dalam awal sambutannya, Bupati menegaskan bahwa dalam organisasi apapun, mutasi, promosi, demosi itu adalah hal yang biasa, organisasi manapun pasti melakukannya untuk menjamin roda organisasi berjalan secara baik.

Setelah pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat eselon, dilanjutkan pelantikan dan pengambilan sumpah penjabat Kepala Desa di Wetar dan Romang yang menurut Bupati, hal tersebut dilakukan seiring berakhirnya masa jabatan Kepala Desa serta pembenahan organisasi karena adanya persoalan hukum yang dihadapi oknum Kepala Desa serta rangkap jabatan penjabat kepala desa di Kecamatan Kepulauan Romang.

“Camat merangkap Penjabat Kepala Desa, jika kadesnya melanggar maka Camat yang mana nanti yang menegur kadesnya?. Tugas Camat membimbing dan membina Kepala Desa. Merangkap 2 jabatan dalam 1 oknum, bagaimana cara mengawasinya? rakyat bisa bingung, supaya tidak bingung, kita pisahkan saja jabatan itu” kata Bupati.

Lanjut Bupati, “Di Pulau Romang, jarak dari Hila ke Jerusu kira kira 10 km, belum ada jalan aspal, jalannya berbatu lewat sungai, tapi ada pengawas pendidikan kecamatan, merangkap kepala sekolah di Jerusu, merangkap juga penjabat Kepala Desa di Hila, bagaimana cara orang itu bekerja? bagaimana cara dia mengeksekusi 3 jabatan secara bersamaan?”.

Sejumlah Penjabat Kepala Desa di Wetar dan Romang yang dilantik dan
diambil sumpahnya oleh Bupati MBD.

Itulah keprihatinan Bupati menyoal pelaksanaan pemerintahan di Kecamatan dan Desa, khususnya Kecamatan Kepulauan Romang di tengah upaya pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan kabupaten yang sedang berusaha agar desa bisa bertumbuh dan bergerak dengan dana desa yang dikucurkan itu, seyogyanya dapat dimanfaatkan dan dilaksanakan oleh aparatur pemerintah desa dengan sebaik baiknya tanpa terbebani dengan rangkap tugas atau jabatan agar lebih fokus.

“Bagaimana mungkin dengan rangkap jabatan, semua itu bisa dilaksanakan dengan baik?”, ucap Bupati mengingatkan.

Pelantikan pejabat eselon lingkup Pemerintah Kabupaten MBD kali ini dilaksanakan pada jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (eselon IIb) yakni dr. Fredrick. E. Bagaray sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Umum dan Politik.

Jabatan Pengawas (Eselon IVa) antara lain, E.S. Mosse, SE, sebagai Kasubid Rehabilitasi pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Febriana J.M, SH sebagai Kasubag Umum dan Kepegawaian pada Inspektorat Daerah, A. Untajana, SH sebagai Kasi Pengembangan Kebudayaan Kegemaran Membaca pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Josephus Soleman, SH, sebagai Kasubag Evaluasi dan Pelaporan pada Inspektorat Daerah, Jacob R. Muraram, S.IP sebagai Kasi Ekonomi Pembangunan Kantor Kecamatan Wetar Barat.

Sementara penjabat Kepala Desa yang dilantik masing masing, Godlief C. Johansz, S.Kom sebagai Pj. Kepala Desa Jerusu Kecamatan Kepulauan Romang, Manuel Johansz, A.Md sebagai Pj. Kepala Desa Hila Kecamatan Kepulauan Romang, Johanis Ainloy sebagai Pj. Kepala Desa Ilway Kecamatan Wetar Timur dan Daud Katipana sebagai Pj. Kepala Desa Ustutun Kecamatan Wetar Barat.

 

“Laksanakan tugas dan tanggungjawab sesuai tupoksinya, jangan lampaui kewenangan, tapi pergunakanlah kewenangan itu sebesar besar untuk kesejahteraan rakyat, bukan untuk kepentingan orang per orang”, demikian pesan Bupati kepada pejabat yang baru dilantik di akhir sambutannya.

Tampak hadir dalam upacara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini, Sekda Kabupaten MBD, Drs. A. Siamiloy, M.Si, Pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah), para Camat se-Kabupaten MBD yang berkenan hadir, Saksi dan Rohaniawan, ASN serta sejumlah undangan lainnya. (diskominfo-mbd)


Bagikan artikel ke :