DESA WERWARU JADI KAMPUNG TANGGUH NASIONAL

By admin15 30 Jun 2020, 21:09:44 WIB Pemerintahan
DESA WERWARU JADI KAMPUNG TANGGUH NASIONAL

Tiakur-malukubaratdayakab.go.id- Kampung Tangguh Nasional merupakan program yang dicanangkan pada awalnya oleh Polda Jawa Timur yang kemudian oleh Kapolri RI memerintahkan untuk semua Polres yang ada di Indonesia untuk mengadopsi dan membentuk kampung tangguh di wilayahnya masing-masing. Melalui penilaian dan hasil koordinasi maka Desa Werwaru Kecamatan Moa dipilih sebagai proyek percontohan untuk Kampung Tangguh nasional yang ada di Wilayah Polres MBD.

Kapolres MBD, AKBP S. Norman Sitindaon, S.I.P mejelaskan bahwa terpilihnya Desa Werwaru dilihat dari beberapa faktor yakni desa werwaru sudah baik dalam mengelola lahan pertanian, perkebunan dan peternakan  serta sampai saat ini desa werwaru masih bebas dari penyebaran covid-19.

‘Dengan berdirinya kampung tangguh ini masyarakat desa disiapkan untuk  tangguh dalam menghadapi dampak pandemi covid-19. Desa diharapkan dengan kemampuannya  dapat  menanggulangi penyebaran covid-19 di wilayah desanya masing-masing,’ ucap kapolres.

Baca Lainnya :

Menurut Kapolres, Kampung  tangguh desa werwaru dinilai sebagai solusi nyata penerapan strategi problem orientated policy, yang harapan kedepannya desa werwaru menjadi desa percontohan dalam hal peningkatan kapasitas masyarakat untuk memecahkan masalah secara bersama-sama serta upaya meningkatkan ketahanan pangan dalam masa pandemi covid-19 dengan memanfaatkan lahan-lahan tidur yang tersedia di desa.



Rangkaian sambutan masing-masing  diawali dari  Pabung TNI  AD yang menyampaikan bahwa kampung tangguh merupakan kampung yang akan menjadi contoh bagi kampung lain  yang ada disekitarnya, kampung tangguh diharapkan tangguh dalam berbagai hal, antara lain tangguh dalam idiologi, ekonomi, politik, sosial budaya maupun pertahanan keamanan.

Atas nama TNI AD Kodim 1507 Saumlaki mendukung  penuh dan ikut menyukseskan program kampung tangguh  desa werwaru, dengan harapan program ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat bukan hanya pada desa werwaru tetapi juga menjadi contoh bagi desa-desa lain yang ada di Kab. MBD

 Ir. John J. Kay, Asisten Bidang Perekonomian dan SDA menyebutkan bahawa dalam masa pandemi Covid-19, kita harus mampu meningkatkan  ekonomi daerah.  Mengutip kata Menko Kemaritiman bahwa “ kita harus bangkit bersama-sama untuk meningkatkan ekonomi dan berjalan bersama-sama dengan covid-19” maka harapan bagi desa werwaru agar menjadi contoh bagi desa-desa yang lain.

Desa werwaru mempunyai potensi yang sangat besar dalam bidang pertanian, perkebunan dan peternakan sehingga diharapkan dapat dikembangkan agar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat desa werwaru itu sendiri, masyarakat sekitar dan pemerintah daerah. (DKI-red)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment