KOMPETISI SAINS NASIONAL (KSN) TINGKAT SEKOLAH DASAR KABUPATEN MALUKU BARAT DAYA TAHUN 2020

By admin15 13 Mar 2020, 16:43:56 WIB Pendidikan
KOMPETISI SAINS NASIONAL (KSN) TINGKAT SEKOLAH DASAR KABUPATEN MALUKU BARAT DAYA TAHUN 2020

Tiakur-malukubaratdayakab.go.id - Penyelenggaraan Kompetisi Sains Nasional Tingkat SD Tahun2020  dibuka secara langsung oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Maluku Barat Daya Drs. Alfonsius Siamiloy, M.Si  serta didampingi  oleh Asisten Bidang Perekonomian dan SDA, beserta Pimpinan OPD yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Tiakur, Kamis (12/03/2020) Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Sekolah Dasar se-Kabupaten MBD, Koordinator Wilayah, Guru-guru Pendamping dan peserta KSN yang berjumlah 85 orang Siswa /siswi dari 17 Kecamatan.

Tujuan dari Kompetisi ialah untuk menumbuhkan siswa secara akulturasi dan kompetitif dalam menetukan perwakilan untuk tingkat Kabupaten  bidang matematika, IPA, serta lomba siswa berprestasi, istilah  kompetisi dengan nama Olimpiade Sains Nasional  (OSN) namun pada tahun 2020 telah berganti nama menjadi Kompetisi Sains Nasional (KSN) dan ini merupakan  salah satu bagian  untuk mewujudkan generasi kompetitif, berkarakter, berkualitan dan adaftif terhadap perubahan. Kompetisi Sains Nasional ini memilih 3 peserta terbaik dari masing-masing bidang ilmu  yaitu bidang IPA dan Matematika dari 17 Kecamatan yang ada di Maluku Barat Daya, yang nantinya akan mewakili Kabupaten MBD mengikuti seleksi Sains Nasional tingkat Sekolah Dasar di Provinsi Maluku.

Baca Lainnya :


Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Maluku Barat Daya menyampaikan harapan besar  dari Pemerintah Daerah untuk tahun ini anak- anak Maluku Barat Daya bisa sampai ke tingkat Nasional  seperti tahun sebelumnya. Sekalipun daerah kita dikatakan daerah miskin, daerah tertinggal dan berada pada daerah perbatasan, tetapi kita tidak boleh kalah bersaing dengan daerah-daerah lain.

Lanjutnya pendidikan  itu mahal, karena itu pendidikan bukan merupakan tanggung jawab guru saja tetapi tanggung jawab  bersama terlebih khusus orang tua.

Kemudian untuk para guru, pemerintah daerah mengucapkan terima kasih karena telah mendidik anak-anak muridnya dengan baik  untuk sementara ini memang Pemda belum bisa memberikan bantuan yang lebih tetapi  akan ada perubahan dengan memberikan tambahan berdasarkan  pendekatan gugus yakni gugus yang dekat akan beda dengan gugus yang jauh seperti gugus 4. Sekalipun demikian guru ketika anak didiknya berhasil mereka akan bangga dan berhasil atas apa yang telah diajarkan.

Untuk para peserta lomba, bekerjalah dengan baik, tetap fokus  sehingga perlombaan hari ini dapat diikuti dengan baik. Apabila berhasil akan ada persiapan lagi ditingkat Kabupaten untuk mempersiapkan peserta pemenang  mengikuti kompetisi di tingkat Provinsi bahkan Nasional, sehingga dapat mengharumkan nama Kabupaten Maluku Barat Daya.  Kalwedo … (Diskominfo-MBD)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment