PERINGATI HUT KAB.MBD, DPRD KAB. MBD GELAR RAPAT PARIPURNA KHUSUS

By admin15 22 Jul 2020, 18:55:27 WIB Pemerintahan
PERINGATI HUT KAB.MBD, DPRD KAB. MBD GELAR RAPAT PARIPURNA KHUSUS

Tiakur-malukubaratdayakab.go.id- Peringati Hari Ulang Tahun Kabupaten Maluku Barat Daya yang ke-12, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Maluku Barat Daya menggelar Rapat Paripurna Khusus di Ruang Sidang Utama DPRD kab. MBD, Selasa (21/7/2020).

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, Rapat Paripurna Khusus DPRD dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kab. MBD, Petrus A. Tunay, A.Md dan dihadiri oleh Kapolres Kab. MBD, Kajari Kab. MBD,Pabung TNI AD, Pabung TNI AL, Pabung TNI AU, Sekretaris Daerah Kab. MBD, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kab. MBD, Wakapolres MBD, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. MBD, para Staf Ahli, para Asisten, pimpinan OPD lingkup Kab. MBD, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kab. MBD,Pimpinan Instansi Vertikal Kab. MBD   Pimpinan Umat Beragama, Pimpinan Partai Politik, Camat Pulau Moa, para Kepala Desa dan BPD se-Kecamatan Moa, para Kepala Sekolah, serta undangan lainnya.   Rangkaian acara rapat paripurna khusus dimulai dengan membacakan selayang pandang Kabupaten Maluku Barat Daya. 

Baca Lainnya :

Dalam pidatonya Ketua DPRD Kab. MBD, Petrus A. Tunay, A.Md mengatakan bahwa, rapat paripurna khusus ini merupakan agenda rutin tahunan DPRD Kab. MBD yang dilaksanakan sebagai  ucapan syukur kepada TYME atas berkat dan anugerah kepada masyarakat Maluku Barat Daya karena harapan masyarakat MBD sebagai daerah otonom bukan sebuah perjuangan yang mudah tetapi membutuhkan semangat dan tekad serta pengorbanan dari seluruh masyarakat MBD.

Dengan ditetapkannya UU Nomor 31 Tahun 2008 tentang Pembentukan Kabupaten Maluku Barat Daya, maka harapan masyarakat Maluku Barat Daya untuk meninggalkan kemiskinan dan ketertinggalan dapat terwujud namun sampai saat ini Maluku Barat Daya masih kurang mendapat perhatian serius dari skala prioritas pembangunan nasional sehingga masih tetap dianggap miskin dan tertinggal.

Perayaan HUT ke-12 Kab. MBD tahun 2020 ini dibawah sorotan tema Bersatu, Berkarya, MBD Maju, mengajak Pemerintah Daerah dan DPRD Kab. MBD sebagai penyelenggara Pemerintahan di daerah untuk bersatu, bergandengan tangan menyatukan visi dan tekad untuk bersama-sama serta berkarya untuk membangun negeri kalwedo tercinta.

Sejak dimekarkan telah dilaksanakan pembangunan diberbagai sektor namun tidak bisa dipungkiri bahwa masih banyak kekurangan yang dialami daerah dalam bidang infrastruktur, ekonomi, sosial, pendidikan, kesehatan dan SDM sehingga masyarakat belum menikmati pembangunan secara merata, masih banyak hal yang belum dilakukan bagi kesejahteraan rakyat Maluku Barat Daya.

Untuk itu dengan semangat tema HUT ke-12 ini, mari kita tingkatkan SDM yang berkualitas, bersatu, bangkit dan berkarya untuk menghadapi tantangan pembangunan kedepan agar kita tidak lagi dianggap miskin dan tertinggal tetapi kita dapat sejajar bahkan lebih maju dari kabupaten-kabupaten lain di Provinsi Maluku, ucap Ketua DPRD.

Atas nama pimpinan dan anggota DPRD Kab. MBD, mengucapkan apresiasi yang tinggi kepada Bupati dan jajarannya atas kesungguhan dan ketulusan dalam membangun kabupaten tercinta ini lewat berbagai program dan kegiatan yang telah dilakukan, kepada para pendiri kabupaten atas jasa bagi berdirinya kabupaten ini, kepada seluruh masyarakat Maluku Barat Daya, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda yang berkontribusi bagi daerah ini, para pimpinan kabupaten ini yang telah meletakkan dasar  pemerintahan dan pembangunan secara baik dan menyeluruh, kepada legislator atas kerja keras dan kerja ikhlas yang telah dilakukan akan selalu dikenang dan diberkati oleh TYME, lanjut Ketua DPRD.

Balabu lama bapuluh taong, Tual jadi saksi sejarah. Katong hidup bae-bae bergandengan tangan katong toma ke tenggara barat. Hidup rukun dan damai bersama orang basudara, Saumlaki jadi sejarah 9 tahun 6 bulan,  bersatu bergandengan tangan erat-erat, berjanji hidup semati walau badai datang menghadang, berjuang cucurkan air mata menembus tantangan yang bergelora, katong hasa ke barat daya. 21 Juli 2008 senayan bergemuruh membahana lahirkan kabupaten Maluku Barat Daya diatas kaki sendiri. Tanggal 26 November 2012 katong balabu di Tiakur, Ibu Pertiwi Maluku Barat Daya. Inga pesan moyang-moyang piring jua bisa tatoki asal jangan pecah belah, lutur itu dia jatuh, jatuh  didalam tetapi jangan jatuh di luar. Itulah Maluku Barat Daya yang bertajuk Kalwedo"


Mari bersatu, jaga kasih sayang, bangun Maluku Barat Daya, hanya satu kata untuk rasa keadilan dengan tujuan kesejahteraan maka lakukanlah, hanya satu kata untuk hentikan ketidakadilan dan kemiskinan  maka lawanlah, cukup satu kata untuk semua dapat memahaminya dengan berperan maka bersatulah.

Dan diakhir pidatonya Ketua DPRD menyampaikan atas nama Pimpinan dan Anggota DPRD Kab. MBD serta seluruh masyarakat MBD mengucapkan Dirgahayu Kab. MBD yang ke-12, maju terus sejahtera dan terus berkarya.

Sekretaris Daerah Kab. MBD, Drs. A. Siamiloy, M.Si pada kesempatannya  membacakan Pidato Bupati Maluku Barat Daya. Dalam pidatonya Bupati mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada pejuang, perintis dan pendiri kabupaten MBD, yang telah memberikan kontribusi nyata dalam pencapaian kemajuan pembangunan di Kab. MBD hingga saat ini.

Sebagai Kabupaten yang sedang berkembang, usia 12 tahun menunjukkan Kab. MBD sedang menapaki perjalanan sejarah yang masih panjang ke depan dalam bidang pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat. Bupati mengajak seluruh stakeholder pembangunan yang ada di Kab. MBD untuk menjadikan momen ini sebagai sarana renungan terhadap apa yang telah dan akan dilakukan demi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat MBD.

Tema HUT Kab. MBD ke-12 yakni bersatu, berkarya, MBD maju menjadi semangat kita untuk menghadapi tantangan. Tanpa persatuan, tanpa kerja keras seluruh stakeholder di daerah ini, tanpa karya yang nyata dari seluruh anak negeri maka kita tidak akan bertahan di tengah ancaman krisis ini. Diperlukan komitmen bersama, diperlukan persatuan dalam gerak langkah yang sama, diperlukan karya dan kinerja setiap anak negeri untuk menciptakan MBD maju.

Dengan mengutip pernyataan Founding Fathers kita Bung Karno diakhir sambutannya “ Jika kita memiliki keinginan yang kuat dari dalam hati maka seluruh alam semesta akan bahu membahu mewujudkannya” ini akan menjadi komitmen kita bahwa keinginan hati kita bersama adalah kita bersatu, kita berkarya untuk Maluku Barat Daya maju dan sejahtera maka seluruh semesta ini akan bahu membahu mewujudkan niat yang mulia ini.

Sidang Paripurna Khusus dilanjutkan dengan syukur HUT MBD bertempat di halaman Kantor  Sekretaris Dewan Kab. MBD. Kalwedo… (DKI)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment