4 Tips Agar Kegiatan Belajar di Rumah Tidak Membosankan

Pandemi yang belum kunjung berakhir menyebabkan kamu tetap harus belajar di rumah. Merasa bosan dengan kegiatan belajar di rumah? Yuk, terapkan beberapa tips berikut!

Demi memutus rantai penyebaran virus Covid-19 yang terus meningkat, beberapa wilayah berzona merah seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya masih menutup kegiatan di beberapa sektor, salah satunya sekolah dan lembaga pendidikan. Adanya penutupan ini, menyebabkan kegiatan belajar mengajar harus dilakukan dengan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Alih-alih merasa senang karena biasanya rumah menjadi tempat untuk istirahat, selama pandemi Covid-19 ini rumah malah menjadi tempat belajar dan sekolah secara virtual. Maka tak heran jika sebagian atau bahkan banyak siswa yang sudah mulai merasakan kebosanan. Tapi kamu nggak perlu khawatir, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar kegiatan belajar di rumah tidak membosankan.

1. Pilihlah Tempat Belajar yang Nyaman

Akibat dampak dari pandemi Covid-19 ini, sementara tempat belajar kamu sekarang bukanlah di sekolah lagi. Sudah hampir 8 bulan, kamu harus melakukan kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau belajar di rumah untuk mengurangi penyebaran virus tersebut.

Nah, agar kamu tidak bosan saat belajar di rumah, kamu bisa mencari tempat nyaman di dalam rumahmu untuk diubah menjadi tempat belajar. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan area teras dan balkon rumahmu untuk belajar. Namun, jika kamu lebih nyaman belajar di dalam kamar, maka berikan sedikit perubahan dengan cara mendekor meja belajarmu agar kamu lebih bersemangat belajar.

2. Belajarlah Sambil Mendengarkan Musik

Ada beberapa orang yang konsentrasinya tidak terganggu saat mendengarkan musik, namun ada juga yang konsentrasinya akan terganggu jika mendengar suara musik, sekalipun musik tersebut hanya instrumen saja alias tanpa lirik. Hmmm… Kira-kira kamu termasuk orang yang mana nih?

Dilansir dari Hello Sehat, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan University Health News, saat kamu mendengarkan musik, maka saraf-saraf di otakmu akan menjadi lebih aktif sehingga hal tersebut dapat meningkatkan suasana hati dan kemampuan kognitif otak, terutama daya ingat. Nah, karena selera musik tiap orang berbeda-beda, maka saat kamu sedang belajar pilihlah lagu yang cocok dengan kepribadian kamu ya.

3. Gunakan Teknik Belajar yang Sesuai

Di masa pandemi Covid-19 ini, salah satu masalah yang berkaitan dengan Pembelajaran Jarak Jauh adalah banyaknya tugas yang diberikan oleh guru. Terkadang untuk menyelesaikan tugas tersebut, kamu sampai harus begadang. Untuk mengatasinya, kamu perlu kenali terlebih dahulu seperti apa tipe belajar kamu. Jika sudah tau, pilihlah teknik belajar yang bisa membuat kamu nyaman saat belajar. Ada banyak teknik belajar efektif yang bisa kamu lakukan, misalnya teknik pomodoro, olahraga, dan Feynman.

Sebenarnya satu hal yang perlu kamu perhatikan saat belajar adalah jangan terpaku pada waktu yang ada. Terapkan mindset kalau belajar itu menyenangkan tanpa harus diburu waktu. Daripada memikirkan waktu ada baiknya kamu fokus pada materi yang akan kamu pelajari.

4. Lakukan Refreshing

Refreshing yang dimaksud disini bukanlah jalan-jalan ke tempat wisata, lho, ya. Melainkan refreshing yang dilakukan tanpa harus keluar rumah, misalnya dengan meditasi atau mencoba beberapa hobi baru. Salah satu manfaat dari meditasi ini adalah dapat mengembalikan kondisi tubuh dan pikiran agar menjadi lebih fresh.

Gimana, sekarang kamu udah tahu, ‘kan, apa saja tips agar kegiatan belajar di rumah kamu tidak membosankan. Gunakan tips tersebut sebaik mungkin dan jangan lupa juga untuk memaksimalkan belajarmu di ruangbelajar. Lewat ribuan video belajar beranimasi yang dapat membantumu untuk memahami konsep/teori secara menyeluruh dan dibantu oleh ribuan latihan soal!

Sumber : ruangguru.com

Tags :  

Komentar