Buka Gebyar PAUD MBD 2019, Bupati tekankan pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini. Bupati : “Kita akan kalah dalam persaingan yang ketat itu kalau tidak memiliki SDM yang memadai”

September 7, 2019 8:12 am

Tiakur malukubaratdayakab.go.id – Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Tingkat Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) resmi dibuka pada Jumat (6/9/2019) langsung oleh Bupati MBD, Benyamin Th. Noach, S.T. bersama BUNDA PAUD Kabupaten MBD Ny. Rely Noach yang juga adalah Ketua TP. PKK Kabupaten MBD.

Acara pembukaan Gebyar PAUD dilaksanakan di Gedung Serbaguna Tiakur dengan tema tahun ini “Kita Tingkatkan Layanan PAUD Yang Berkualitas Menuju Generasi Emas”. Acara dimeriahkan dengan pertunjukan tari tarian dan peragaan busana oleh anak peserta  PAUD Kecamatan Leti, Moa, Lakor, Kisar, dan Romang.

Pemukulan Tifa oleh Bupati MBD bersama Ketua DPRD Kabupaten MBD
menandai dimulainya Gebyar PAUD Kabupaten MBD 2019.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Kabupaten MBD, Chau S.E.M. Petrusz, unsur  Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) lainnya, Pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait, Danki Brimob Polda Maluku di Tiakur, para Camat, Pengurus TP. PKK Provinsi Maluku, Darma Wanita serta TP. PKK Kabupaten MBD, tenaga Pendidik PAUD, rohaniawan, peserta PAUD beserta orangtua, dan undangan lainnya yang berkenan hadir.

Dalam sambutannya, Bupati mengapresiasi pelaksanaan Gebyar PAUD yang terus dilaksanakan secara rutin setiap tahun dan menekankan pentingnya pendidikan anak pada saat usia dini.

“Kita yakin sungguh bahwa kekuatan Negara ini, masa depan Negara ini tergantung pada generasi mudanya. Anak anak sejak dini mesti kita didik, kita bina dengan memberikan ilmu pengetahuan, adat istiadat dan budi pekerti yang baik, sehingga menjadi anak anak yang cerdas, berbudi luhur, anak anak yang memiliki rasa nasionalisme  yang tinggi, yang mampu tumbuh menjadi generasi yang tangguh,  dan percayalah, 10 sampai 20 tahun ke depan kita memiliki generasi muda yang mampu bersaing dimanapun”, ucap Bupati.

Menurut Bupati dalam menghadapi masa depan bangsa dengan persaingan, baik persaingan global maupun persaingan internal di dalam Negara sendiri, harus disiapkan anak anak sejak usia dini sebagai  generasi penerus agar mampu berkompetisi menjadi bagian dalam persaingan global yang semakin keras dan ketat.

“Kita akan kalah dalam persaingan yang ketat itu kalau tidak memiliki sumber daya manusia yang memadai”, kata Bupati.

Pada Kesempatan Gebyar PAUD tahun ini, Bupati menyampaikan bahwa prioritas pembangunan 5 tahun ke depan, dititikberatkan pada pembangunan sumber daya manusia. Bupati mengajak segenap jajaran Pemerintah Daerah bersama masyarakat, orang tua murid serta semua stakeholder harus bergandeng tangan membina, mendidik anak anak sejak usia dini  agar menjadi generasi yang berprestasi, tangguh, mampu bertahan mengangkat harkat dan martabat bangsa.

Karena itu Bupati kembali mengingatkan, “Kita merupakan wilayah termiskin di Provinsi Maluku dari 11 Kabupaten/Kota. Hal ini harus menjadi cambuk bagi kita semua bahwa kita tidak boleh hanya berlipat tangan, kita harus bekerja bersama sama, bekerja lebih keras bukan saja di sektor infrastruktur, sektor riil, tapi kita harus banyak menyiapkan generasi muda daerah ini terutama anak anak yang berada pada usia emas ini, Usia PAUD merupakan usia yang sangat menentukan karakter dan masa depan anak anak kita” tambah Bupati.

Pembukaan Gebyar PAUD kali ini merupakan pembukaan untuk Rayon Leti, Moa, Lakor serta Rayon Kisar, Romang dan Wetar, sekaligus menandai dimulainya Gebyar PAUD di Kabupaten MBD 2019.

Mengakhiri sambutannya, Bupati berpesan, “Harapan saya semoga apa yang kita lakukan hari ini dan hari hari ke depan berguna untuk kemajuan Maluku Barat Daya, Maluku,  dan kejayaan Indonesia Raya, Tuhan menyertai kita sekalian, Kalwedo”. (dinas Kominfo mbd)


Bagikan artikel ke :