Bupati MBD Membuka Musrenbang RKPD 2022 secara Virtual
4(empat) Prioritas Pembangunan Jadi Acuan Dalam Musrenbang RKPD Tahun 2022

By admin15 01 Apr 2021, 07:06:01 WIB Pemerintahan
Bupati MBD Membuka Musrenbang RKPD 2022 secara Virtual

Tiakur-malukubaratdayakab.go.id- Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya menggelar Musrenbang RKPD Tahun 2022 Rabu (31/3/2022) yang dilaksanakan secara virtual yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan guna membahas dan menyepakati program kegiatan prioritas yang diusulkan masyarakat  yang akan dipakai sebagai pedoman dalam Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2022,  . 

Kegiatan ini juga diikuti oleh Forkopimda, Para Pimpinan OPD, Pimpinan Instansi Vertikal, Para Camat dan Perwakilan Kecamatan di tempatnya masing-masing. 

Musrenbang RKPD ini dilakukan secara virtual mengingat saat ini masih berada pada masa pandemi covid-19, dimana membatasi adanya pertemuan-pertemuan yang melibatkan banyak orang dan juga untuk menguji coba sistem jaringan komunikasi yang telah beroperasi di Kabupaten Maluku Barat Daya.

Baca Lainnya :

Pada kesempatan ini Bupati MBD, Benyamin Th. Noach, S.T, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Forum Musrenbang RKPD Tahun 2022 merupakan forum yang strategis. Dengan terpilihnya kembali sebagai Bupati Periode 2021-2026 bersama Drs. A.L. Kilikily, M.Si maka secara otomatis musrenbang RKPD Tahun 2022 akan mengimplentasi visi dan misi Bupati  dan Wakil terpilih.


Bupati juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh elemen masyarakat Maluku Barat Daya serta semua stakeholder yang telah memberikan dukungan, partisipasi dan kontribusi dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah yang telah berjalan dengan aman dan damai.

Visi Pembangunan Daerah Kabupaten Maluku Barat Daya periode 2021-2026 adalah Terwujudnya Maluku Barat Daya yang Sejahtera, Mandiri, Berdaya Saing Berbasis Sumber Daya Lokal dan Berdaulat Berdasarkan Kearifan Lokal. Yang dijabarkan ke dalam enam misi yakni 1. Mewujudkan birokrasi yang profesional dan inovatif, 2. Mewujudkan keterpenuhan layanan dasar bagi masyarakat tidak mampuh, 3. Mewujudkan iklim investasi daerah berbasis potensi unggulan daerah, 4. Meningkatkan kualitas SDM yang berakhlak, berbudaya dan kompetitif, 5. Penataan pengelolaan SDA secara berkelanjutan serta 6. Meningkatkan infrastruktur dasar konektifitas antar wilayah.

Dibawah tema “Penguatan Ekonomi Masyarakat Berbasis Potensi Unggulan Daerah dan Peningkatan Infrastruktur Dasar yang didukung oleh SDM yang Berkualitas, Pembangunan Daerah pada Tahun 2022 diprioritaskan pada 4 hal yakni : Peningkatan Infrastruktur Dasar maupun infrastruktur ekonomi dengan memperhatikan pola ruang dan kewilayahan, Meningkatkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing, yang berahklak dan kompetitif, Peningkatan produktifitas potensi unggulan daerah serta  pengembangan UMKM dan Reformasi kelembagaan, perbaikan mutu pelayanan publik melalui Reformasi Birokrasi.

“Empat prioritas ini, harus menjadi landasan berpijak dalam merancang program pembangunan yang berpihak kepada masyarakat di Tahun 2022” tutur Bupati

Lanjutnya, permasalahan yang dihadapi sekarang ini adalah masalah peningkatan kualitas pelayanan dasar seperti pendidikan dan kesehatan, infrastruktur, peningkatan ekonomi masyarakat serta pelayanan publik. Oleh karena itu,  harus ada inovasi birokrasi melalui Satu OPD Satu Inovasi,  dan untuk setiap kecamatan  akan ada 1 Program Prioritas yang akan dilaksanakan pada Tahun 2022. 

Diakhir sambutannya, Bupati menghimbau seluruh masyarakat untuk mendukung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kab. MBD. Ini penting dilakukan untuk memutus rantai penularan Covid-19 dan memberikan perlindungan kesehatan dan keselamatan diri sendiri, keluarga dan seluruh masyarakat. Selain vaksinasi hal penting yang harus tetap diterapkan adalah pentingnya penerapan protokol kesehatan yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Kalwedo... (Kominfo21) 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment