DPMD-PPKB KAB. MBD GELAR PELAKSANAAN EVALUASI APBDES SECARA ONLINE MEETING

By admin15 22 Apr 2020, 08:57:07 WIB Pemerintahan
DPMD-PPKB KAB. MBD GELAR PELAKSANAAN EVALUASI APBDES SECARA ONLINE MEETING

Tiakur- malukubaratdayakab.go.id – Dinas  Pemberdayaan Masyarakat  Desa, Pengendalian Penduduk dan KB (DPMD-PPKB) Kabupaten Maluku Barat Daya secara resmi menggelar proses evaluasi penggunaan APBDes secara online meeting. Ini merupakan  salah satu langkah yang diambil oleh Pemerintah  Kabupaten Maluku Barat Daya dalam situasi pandemi Covid-19 yang mengharuskan tidak adanya pertemuan yang melibatkan orang banyak serta desa juga harus dipersiapkan untuk penanganan covid-19 ditempatnya masing-masing.

Kegiatan online meeting ini dibuka oleh Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Th. Noach, ST,  didampingi Kepala DPMD-PPKB Eduard J. S. Davidz, ST, M.Eng, Selasa (21/4/2020) bertempat di Ruang Kerja Bupati MBD diikuti oleh Camat Kisar Utara, Kepala Desa dan Perangkat Desa Oirata Kec. PP Terselatan, Desa Kumur Kec. Damer, dan Desa Lebelau Kec. Kisar Utara.

“Terkait pelaksanaan evaluasi dana desa ini Pemerintah Daerah memutuskan untuk melaksanakan evaluasi secara online supaya mempermudah kepala desa dalam menyelesaikan tugas-tugas evaluasi APBDes” ucap Bupati dalam arahannya.

Baca Lainnya :

Lebih lanjut   Bupati menegaskan 3 prioritas dana desa sesuai Peraturan Menteri Desa Nomor 6 Tahun 2020    yaitu pertama penanganan Covid-19, kedua,  jaring pengaman sosial (bantuan langsung tunai) dan ketiga pelaksanaan pembangunan dengan metode padat karya tunai mandiri.


Dalam hal penanganan Covid-19, desa diberikan kewenangan untuk melakukan upaya-upaya pencegahan penyebaran Covid-19 diantaranya dana desa bisa digunakan untuk membeli APD (Alat Pelindung Diri) berupa masker dll, untuk membatu masyarakat terhindar dari penyebaran Covid-19.

Bupati juga telah menginstrusikan kepada Kepala BPMD untuk mencadangkan dana desa sebesar 30 % dari setiap desa yang disiapkan untuk penanganan Covid-19,  jaring pengaman sosial dan setiap proyek yang ada di desa diarahkan untuk proyek padat karya mandiri dimana setiap masyarakat yang terlibat  langsung dapat memperoleh uang dari kegiatan tersebut.

Pelaksanaan evaluasi dana desa ini akan dilaksanakanan secara bertahap di 117 Desa di Kab. MBD dengan menyesuaikan koneksi internet pada masing-masing desa. Kalwedo… (Diskominfo-MBD)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment