Kunjungi Kampung KB Desa Oirata Barat, Rely Noach berharap Kampung KB bantu wujudkan kesejahteraan keluarga.

November 9, 2019 8:25 am

Tiakur, malukubaratdayakab.go.id –  Dalam kunjungan kerjanya Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Maluku Barat Daya, Ny. Rely A. H. Noach bersama Pengurus PKK. Kabupaten MBD melakukan evaluasi dan monitoring ke Kampung KB Desa Oirata Barat, Selasa (29/10/2019) di Balai Desa Oirata Barat. Turut hadir dalam kegiatan ini yakni Pengurus dan Anggota TP. PKK Kabupaten Maluku Barat Daya, Ketua TP PKK Kecamatan PP. Terselatan, Ketua TP PKK Kecamatan Kisar Utara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan KB yang diwakili oleh Ibu Kepala Bidang KB, Kepala Puskesmas Pulau-Pulau Terselatan dan Kisar Utara, Ibu-Ibu TPKK BD dan Sub PPK BD se-Pulau Kisar dan peserta lainnya.

 

Dalam sambutannya Ketua TP PKK Kab. MBD menyampaikan bahwa sesuai amanat UU No 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga maka pemerintah mengembangankan kebijakan strategis yang salah satunya melalui Program Kampung Keluarga Berencana. Kampung KB merupakan salah satu bentuk meniatur pelaksanaan program Kependudukan,  KB dan pembangunan keluarga atau KKBPK secara utuh, yang melibatkan seluruh masyarakat dan instansi terkait sesuai kebutuhan dan kondisi wilayah yang dilaksanakan di tingkat pemerintah terendah yaitu desa sesuai persyaratan penentuan lokasi kampung KB di seluruh kabupaten/kota di Indonesia.

 

Untuk membentuk sebuah Kampung KB di desa maka salah satu persyaratan utamanya adalah pembentukan Kelompok Kerja (Pokja) dan Rumah Data Kependudukan. Kampung KB dikembangkan sebagai usaha revitalisasi program keluarga berencana yang selama beberapa tahun  terakhir mengalami kemunduran. Kampung KB diharapakan dapat menjadi suatu inovasi strategis dalam penguatan program KKBPK dan pembangunan sektor terkait diseluruh tingkat wilayah.

 

Lebih lanjut  Ketua TP PKK Kab. MBD menjelaskan bahwa kampung KB di MBD telah terbentuk 17 Kampung KB yang sama dengan jumlah kecamatan di Kabupaten Maluku Barat Daya.  

 

“Harapan saya kiranya melalui Kampung KB ini dapat membantu masyarakat untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga di Kabupaten Maluku Barat Daya terlebih khusus di Desa Oirata Barat ini” demikian tuturnya pada akhir sambutan.  Kalwedo…(diskominfo-mbd)

 


Bagikan artikel ke :