KETUA TP. PKK KAB. MBD RESMIKAN RUMAH DATA KAMPUNG KELUARGA BERKUALITAS DESA BATUMIAU KEC. LETTI

By admin15 24 Jul 2020, 08:26:10 WIB Pemerintahan
KETUA TP. PKK KAB. MBD RESMIKAN RUMAH DATA KAMPUNG KELUARGA BERKUALITAS  DESA BATUMIAU KEC. LETTI

Tiakur-malukubaratdayakab.go.id- Ketua Tim Pengerak PKK Kab. MBD, Relly A. Noach didampingi Asisten Bidang Administrasi Umum, J. Titirloloby. SH dan Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan KB, Eduard J.S. Davidz, ST, M.Eng melakukan kunjungan ke kampung Keluarga Berkualitas Desa Batumiau,Kec. Pulau Letty, Kamis (23/7/2020).

Turut hadir dalam kunjungan ini Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Perikanan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Plt. Kepala Dinas Kesehatan, Plt. Kepala Dinas Pendidikan, Sekretaris Dinas Kominfo, Sekretaris BKAD, Kabag. Protokoler Kab. MBD dan Angotta TP. PKK Kab. MBD.

Baca Lainnya :

Rumah Data kependudukan merupakan tempat yang berfungsi sebagai basis data informasi serta pusat intervensi pembangunan ditingkat mikro di Desa, oleh sebab itu penting untuk didirikan dimasing-masing kampug KB, rumah data kependudukan yang baik sehingga akan membantu Pemerintah Desa dalam melakukan perencanaan pembangunan masyarakat Desa, tutur  Kepala DPMDPPKB dalam laporannya.

Tujuan lain dari pembentukan rumah data kependudukan adalah untuk meningkatkan sinergitas program pembangunan keluarga dengan program-program pembangunan sektor lain sehingga diharapkan peningkatan kualitas keluarga itu juga melibatkan lintas sektor untuk kesejahteraan masyarakat banyak.

Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan peringatan HUT Lansia yang ke-23 yang jatuh pada bulan Mei tahun 2020 kemarin, dikarenakan kondisi pandemi Covid-19 maka pelaksanaan peringatan HUT Lansia ini baru dapat dilaksanakan hari ini, ucap Kepala DPMDPPKB.

Menjadi sebuah apresiasi kepada masyarakat Batumiau sebagai kampung KB berkualitas, maka akan diberikan penghargaan kepada masyarakat Desa Batumiau dengan kategori sebagai berikut : untuk pasangan usia subur yang memiliki hanya 2 anak dengan jarak anak 2 tahun, pasangan usia subur yang memiliki banyak anak dengan jarak anak minimal 3 tahun, penghargaan lansia mandiri, pasangan usia subur yang aktif berkontrasepsi selama 5 tahun terakhir, dan kepada akseptor KB pria terbaik,  ibu hamil trisemester ketiga yang melakukan ANC lengkap, bidan koordinator yang mendapat akseptor terbanyak saat pelayanan sejuta akseptor pada peringatan HUT Keluarga Nasional kemarin, bantuan kepada puskesmas serwaru, masker untuk masyarakat Batumiau, pakaian lapangan untuk pelaksanaan kegiatan program keluarga berencana kepada PPKB dan sub PPKB.



Ketua Tim Penggerak PKK, Ibu Relly Noach dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan program KB secara nasional telah terjadi perubahan paradigma dimana KB sebagai program pengendalian penduduk yang dikenal dengan slogan 2 anak cukup, kini  program KB telah bertransformasi dimana BKKBN sebagai instansi yang bertanggung jawab dalam upaya pembinaan keluarga melakukan perubahan orientasi pembinaan keluarga lebih berfokus pada pembangunan keluarga secara utuh atau holistik

Dengan program Bangga Kencana atau program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga dilakukan dengan semangat kebersamaan agar keluarga Indonesia bangga dan ikut terlibat secara aktif terhadap upaya-upaya peningkatan kualitas kehidupan keluarga masing-masing.

Untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas maka diperlukan sinergitas, program pembangunan keluarga dengan melibatkan seluruh pemangku kepntingan atau stakeholder yang ada di kabupaten MBD, kata Ibu Relly


Pendirian kampung keluarga berencana diharapkan menjadi prototipe atau contoh pembinaan keluarga mandiri yang teringrasi melalui upaya-upaya peningkatan SDM, seperti pembinaan pada kader-kader pokja posyandu, kader pokja kampung KB. Pembinaan juga harus lebih fokus pada kaum perempuan/ibu-ibu yang memegang peranan penting dalam mewujudkan keluarga yang sejahtera dan berkualitas.

‘Saya berharap program-program pembinaan keluarga harus berfokus pada upaya kita mengatasi masalah stunting yang saat ini menjadi prioritas nasional. Peningkatan pemahaman masyarakat dalam pentingnya 1000 hari kehidupan pertama kehidupan anak perlu terus dioptimalkan sehingga peningkatan asupan gizi, remaja produktif, ibu hamil dan balita harus menjadi fokus pembinaan. Peningkatan asupan gizi dapat dimanfaatkan dari sumber pangan lokal kita, dan saya diberbagai kesempatan terus mendorong masyarakat kita untuk mencintai dan mengkonsumsi pangan lokal kita yang kaya akan protein dan kandungan gizi yang tinggi ” lanjut Ina Parenting Kab MBD.

Untuk mengefektifkan program pembinaan keluarga secara terencana dan terpadu, maka keberadaan rumah data menjadi sangat penting agar program yang dilaksanakan dapat  tepat sasaran. Oleh karena itu, rumah data yang akan diresmikan dapat menjadi sumber untuk merancang kegiatan pembinaan keluarga yang tapat sasaran guna meningkatkan kehidupan masyarakat Desa Batumiau.

Ibu Relly berharap partisipasi seluruh masyarakat Desa Batumiau dalam mendukung rumah data dengan memberikan data yang valid kepada perangkat Desa agar dapat menggunakan data tersebut guna merencanakan program pembangunan yang tepat untuk dibiayai dengan dana Desa maupun untuk diusulkan kepada pemangku kepentingan di Kab. MBD.

Menurut ibu Relly  Program pembangunan keluarga juga mencakup pembinaan keluarga lansia, karena lansia juga harus bahagia. Kebahagiaan itu tidak dapat diukur dengan ukuran apapun karena bahagia itu ada dalam hati kita, hidup yang bahagia itu adalah hidup saling mengasihi sebagai satu keluarga sampai kita tua nanti. Saling menghormati antara suami istri, orang tua dan anak dan sesama anggota keluarga.

Ditengah situasi pandemi Covid-19, Kabupten Maluku Barat Daya sekarang ini berada dalam masa adaptasi dengan tatanan hidup baru, dimana kita akan beraktivitas secara normal dengan menerapkan protokol kesehatan didalam setiap aktivitas kita, seperti jaga jarak fisik, menggunakan masker jika berada diluar rumah, membudayakan pola hidup bersih dan sehat, makan makanan bergizi untuk menumbuhkan imun tubuh dan selalu mencuci tangan agar keluarga yang dicintai terhindar dari resiko penyakit Covid-19.

“ Selamat atas diresmikannya rumah data kampung Keluraga Berkualitas Desa Batumiau dan selamat merayalan Hari Ulang Tahun Lansia Nasional ke-23, keluarga kita sehat, keluarga kita sejahtera akan membuat keluarga kita bahagia. Keluarga bahagia itu bila direncanakan dengan baik, karena berencana itu keren” tutur Ibu Relly diakhir sambutannya.

Peresmian Rumah Data Kampung Keluarga Berkualitas Desa Batumiau berdasarkan Surat Keputusan Kepala Desa Batumiau Nomor : 470/01/DS.B/I/2019.

Hadir dalam peresmian rumah data kampung berkualitas Desa Batumiau, Camat Pulau Letti, Kapolsek Letti, Kepala Desa se-Pulau Letti, BPD se-Pulau Letti, Para Guru, Kepala Puskesmas Serwaru beserta Staf, Ketua TP.PKK Kec. Letti beserta anggota serta undangan lainnya. Kalwedo… (DKI)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment