KPU Kab. MBD Launching Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati MBD Tahun 2020

By DiskominfoMBD92 09 Jan 2020, 14:03:44 WIB Pemerintahan
KPU Kab. MBD  Launching Pemilihan  Bupati Dan Wakil Bupati MBD Tahun 2020

Tiakur, malukubaratdayakab.go.id– Sebagai salah satu daerah yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Maluku Barat Daya melaksanakan  Launching Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Maluku Barat Daya Tahun 2020, Rabu (08/01/2020) di Gedung Serbaguna Pemkab. MBD. Kegiatan ini di gelar sebagai media sosialisasi dan sebagai tanda kesiapan dan pernyataan bersama untuk melaksanakan dan mensukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Maluku Barat Daya Tahun 2020 yang nanti akan dilaksanakan tanggal 23 September 2020.            

Hadir dalam pelaksanaan kegiatan ini yakni Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Th. Noach, S.T. bersama  Ketua TP. PKK Kab. MBD, Ibu Relly A.H. Noach,  Kapolres MBD, Kajari MBD,  Perwira Penghubung TNI AD, Pimpinan dan Anggota DPRD Kab. MBD, Ketua Komisioner KPU Provinsi Maluku (Syamsul Rifan Kubangun ) beserta  tiga Anggota Komisioner KPU  Propinsi Maluku lainnya, Sekretaris Daerah Kab. MBD bersama Ibu, Para Staf Ahli,  Asisten, Pimpinan OPD beserta ASN lingkup Pemerintah Kab. MBD, Pimpinan Instansi Vertikal, Para Pimpinan Partai Politik, Ketua dan Anggota KPU Kab. MBD, Ketua dan Anggota Bawaslu Kab. MBD, Para Camat dan Tokoh Masyarakat serta undangan lainnya.

Rangkaian sambutan dimulai dengan sambutan Ketua KPU Kab. MBD, Jacob Alupatty Demny menjelaskan bahwa suksesnya pemilihan kepala daerah ini bukan hanya merupakan tugas dari KPU Kab. MBD sebagai penyelenggara saja tapi merupakan tanggung jawab bersama semua pihak demi terpilihnya Bupati dan Wakil Bupati Kab. MBD, demi terwujudnya Good Governance, pemerintahan yang bersih, beribawa, adil dan mengutamakan kepentingan rakyat. 

Baca Lainnya :


Dibawah Tema “ Pilkada Damai Di Bumi Kalwedo”,  launching pilkada Kab. MBD ini memberi arti  yang sangat  dalam kepada Penyelenggara, Pemerintah Daerah, Partai Politik dan semua lapisan masyarakat untuk dapat memberikan pembelajaran politik bagi rakyat secara sehat dalam  bingkai kalwedo.  

Disaat yang sama Ketua KPU memperkenalkan Maskot dan Jinggle Pilkada yaitu ‘MARINYO MBD’ yang diambil dari tradisi masyarakat Maluku Barat Daya yaitu seorang marinyo atau tukang tabaos yang meniup bia/tahuhuri sebagai tanda mengumpulkan orang banyak  dan berpegang tangan untuk berdendang diiringi pukulan tifa sebagai tanda merayakan pesta kemenangan tanpa iri hati dan dendam. Sebagaimana sosok marinyo yang sangat di percaya oleh masyarakat karena merupakan orang kepercayaan Kepala Desa maka di saat ini KPU  MBD siap menjadi marinyo pemilihan bagi rakyat MBD, tutur Alupatti diakhir sambutan.

Dalam Sambutan berikutnya Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Th. Noach, S.T menyampaikan bahwa pemilukada merupakan moment lima tahunan dengan samangat dan tujuan utamanya adalah untuk memilih pemimpin sesuai dengan aspirasi rakyat, yang mendapat legitimasi rakyat dan yang setia kepada rakyat. Oleh karena itu harapannya pemilukada tahun 2020 ini akan menghasilkan pemimpin Maluku Barat Daya yang mengakar dan berasal dari rakyat dan dicintai oleh rakyat MBD.

Lebih lanjut Pemerintah Daerah mengapresiasi penuh kepada KPU MBD yang telah melakukan berbagai langkah pentahapan pilkada sampai saat ini. Sebagai Bupati dan Pemerintah Daerah bersama seluruh  rakyat MBD bertekad untuk mensukseskan dan mendukung penuh pelaksanaan seluruh tahapan pemilukada Tahun 2020 ini.

Diakhir sambutannya Bupati berharap semoga pemilukada ini berlangsung dengan jujur, adil, langsung,bebas, umum dan rahasia sehingga menjamin rakyat MBD dalam memberikan pilihan-pilihan politik. Pemilukada ini juga menjadi ajang untuk memilih pemimpin MBD tapi tidak boleh menjadi ajang untuk memecah belah rakyat MBD. Oleh karena itu saya berharap kepada seluruh kompenen masyarakat mari kita bergandeng tangan, mari kita bersatu padu melaksanakan pemilukada ini dengan damai, aman, sukacita dan gembira ria, kata Bupati.

Bpk. Syamsul Rifan Kubangun, Ketua Komisioner KPU Maluku  dalam sambutannya menyampaikan bahwa kehadiran KPU Propinsi Maluku ini merupakan tanggung jawab bersama  dalam pelaksanaan pemilukada dari KPU RI sampai ke KPU Kabupaten/ Kota. Yang terpenting dalam pelaksanaan pemilukada adalah pemangku kepentingan. Yang paling utama adalah peserta pemilu diantaranya partai politik, calon perseorangan yang nantinya mendapat dukungan dari rakyat, pemilih yang punya kepentingan langsung untuk memilih pemimpin dalam mengatur seluruh hajad hidup dengan kata lain inti pemilukada ini adalah untuk kesejahteraan rakyat dengan sarananya adalah memilih Kepala Daerah.

Lebih  lanjut dikatakan sebagai penyelenggara pemilukada KPU dan Bawaslu harus bekerja secara profesional, penuh integritas dan independen.  Sebagai peserta pemilu, partai politik dan calon perseorangan memang mempunyai hak konstitusi untuk mencalonkan diri sebagai calon kepala daerah. Dan yang utama adalah sebagai pemilih.  Dan juga pemangku-pemangku kepentingan lain seperti : Kapolres, Kajari dan Unsur TNI yang bertugas menjaga seluruh rangkaian kegiatan pelaksanaan pemilukada ini agar berjalan dengan damai, aman dan lancar.

Dengan demikian Ketua KPU Propinsi Maluku berharap semua komponen yang terlibat untuk bersama-sama mensukseskan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati  MBD Tahun 2020 secara serentak bersama 270 daerah lainnya, sehingga berjalan dengan aman dan damai. Dengan  tiga slogan yang dipunyai KPU yakni melawan politik uang, melawan politiksasi sara dan melawan hoax maka KPU siap melaksanakan pemilukada yang aman dan damai di Bumi Kalwedo. (Diskominfo-MBD)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment