Pelatihan Pra Kerja Pembinaan Kesiapan Etika Bekerja Di Perusahaan

By DiskominfoMBD92 28 Jan 2020, 15:20:29 WIB Ekonomi
Pelatihan  Pra Kerja Pembinaan Kesiapan Etika Bekerja Di Perusahaan

Tiakur, malukubaratdayakab.go.id Dalam upaya mendukung salah satu Visi dan Misi Gubernur Maluku Tahun 2019 – 2024  tentang  mengurangi angka pengganguran maka kebijakan yang diambil  adalah peningkatan kualitas sumber daya  manusia.   Peningkatan  kualitas SDM tersebut harus dilakukan secara terpadu, sinergi dan terkoordinasi oleh semua elemen  baik Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Kabupaten/Kota. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Maluku bekerja sama dengan BPJS  Ketenagakerjaan  Provinsi Maluku dan PT. Fuji Bijak Prestasi melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Maluku Barat Daya melaksanakan kegiatan Pelatihan pra kerja pembinaan kesiapan etika bekerja di perusahaan, Senin (27/01/2020) bertempat di Ruang Serbaguna Tiakur dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan, Drs. R. R. Far Far, Pimpinan OPD Lingkup Pemkab. MBD, Pimpinan dan Staf BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Maluku, serta peserta pelatihan yang berjumlah 99 orang.yang direncanakan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 27 – 30 Januari 2020.

Baca Lainnya :

Pelatihan pra kerja yang  dilaksanakan di Kabupaten Maluku Barat Daya ini juga  sebagai upaya untuk mempersiapkan sumber daya manusia menghadapi kebutuhan tenaga kerja pada usaha hulu migas pengembangan lapangan Gas Abadi Blok Masela. 

Rangkaian sambutan dimulai dari Kepala BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Maluku Bpk. Alias Muin dalam sambutannya Muin mengatakan  BPJS Ketenagakerjaan sebagai lembaga jaminan sosial ditunjuk pemerintah untuk menyelenggarakan 4 Program jaminan sosial yakni jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua dan jaminan pensiun. Selain ke empat program tersebut, BPJS Ketenagakerjaan juga ikut ambil bagian di dalam meningkatkan produktivitas dan daya saing pekerja serta mendukung pembangunan dan kemandirian perekonomian nasional. Oleh kerana itu melalui program TJSL (Tanggung Jawab Sosial Lingkungan) kerja sama BPJS Ketenagakerjaan dengan Pemerintah Provinsi Maluku yaitu memberikan pelatihan kerja bagi anak-anak Maluku sebanyak 400 orang dimana penyelenggara yang ditunjuk adalah PT. Fuji Bijak Prestasi  dengan tujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan dan pembinaan tentang sikap dan etika kerja termasuk pengetahuan terkait norma-norma ketenagakerjaan dalam rangka mempersiapkan tenaga-tenaga yang akan memasuki dunia kerja. 

“Dalam rangka mendukung pembangunan dan kemandirian perekonomian nasional khususnya di Provinsi Maluku BPJS Ketenagakerjaan juga telah melakukan investasi penempatan dana kelolaan ke Bank Maluku yang saat ini berjumlah  ± Rp. 1,1 Triliun. Ini bertujuan untuk ikut meningkatkan perekonomian Provinsi Maluku yang juga diharapkan berdampak pada perekonomian di Kabupaten Maluku Barat Daya” kata Muin.

Diakhir sambutannya, mengharapkan semoga program ini benar-benar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, tidak semua orang mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pra pelatihan karena dibatasi dengan kuota untuk Kabupaten Maluku Barat Daya yakni sebanyak 100 orang. Beliau juga berharap dukungan dari Pemerintah Daerah dalam penyelengaraan kegiatan BPJS Ketenagakerjaan kedepannya.

Bupati Maluku Barat Daya dalam sambutannya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan, Drs. R.R. Far Far berterima kasih atas nama Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada BPJS Ketenagakerjaan  wilayah Maluku yang telah  menyelenggarakan pelatihan pra kerja kerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Maluku sebagai upaya menindaklanjuti  MoU antara BPJS Ketenagakerjaan dengan Gubernur Maluku pada tanggal 23 November 2019.

Penyelenggaran pelatihan pra kerja ini merupakan suatu momen strategis dan menjadi bukti nyata Provinsi Maluku dalam penyelenggaran jaminan sosial ketenagakerjaan yang bermanfaat dan berkeadilan bagi seluruh masyarakat.

Tingginya angka pengganguran di Provinsi Maluku harus menjadi perhatian kita bersama dengan demikian seluruh pemangku kepentingan harus berupaya keras untuk mencari solusi terhadap masalah ketenagakerjaan  yang ada di Provinsi Maluku secara umum dan Kabupaten Maluku Barat Daya secara khusus sehingga mampu menurunkan angka pengganguran tersebut.

Salah satu penyebab tingginya angka pengangguran karena kurangnya kompetensi tenaga kerja, maka salah satu kebijakan pemerintah dalam meningkatkan kompetensi kerja yakni melalui pelatihan pra kerja. Melalui pelatihan pra kerja ini, calon pekerja  akan diberikan pembinaan etika bekerja di perusahaan yang pada akhirnya akan melahirkan sikap, mental, pratek, etos kerja produktif, kreatif, inovatif dan bertanggung jawab.

“saya berharap kegiatan ini dapat diikuti dengan baik sehingga akan melahirkan calon pekerja yang  berkarakter dan tangguh di tengah  tantangan lingkungan kerja yang semakin kompleks” diakhir sambutan Bupati. Kalwedo... (Diskominfo-MBD)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment