Peletakan batu pertama pembangunan rumah khusus ASN, Bupati akan memohon bantuan perumahan lagi.

August 1, 2019 5:15 am

Tiakur, malukubaratdaya.go.id – Acara peletakan batu pertama sebagai awal dimulainya pembangunan rumah khusus ASN (Aparatur Sipil Negara) Kabupaten MBD (Maluku Barat Daya ) dilaksanakan pada Rabu, 31 Juli 2019 berlokasi di Tiakur. Dalam acara ini Bupati MBD Benyamin Th. Noach, S.T., secara simbolis meletakkan batu pertama sebagai awal dimulainya kegiatan pembangunan Rumah Khusus ASN di Tiakur.

Hadir pada acara ini perwakilan dari Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah : Ketua DPRD Kabupaten MBD, Kapolres Kabupaten MBD, Kajari Kabupaten MBD, Pabung TNI AD), Pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait beserta staf, rohaniawan serta undangan lainnya.

Pada awal sambutan, perwakilan Kementerian PUPR dalam hal ini diwakili oleh Kepala Satker Penyediaan Perumahan Provinsi Maluku, Piter Pakabu, ST, MT mengatakan bahwa Pembangunan rumah khusus  ASN ini adalah untuk menjawab kebutuhan akan perumahan bagi masyarakat khususnya bagi ASN, “Adanya kesenjangan pemenuhan kebutuhan perumahan yang relatif masih besar terjadi karena kurangnya kemampuan daya beli masyarakat termasuk ASN dalam memenuhi kebutuhan akan rumah”, pungkas Piter.

Pembangunan rumah khusus ASN ini dilaksanakan di seluruh Indonesia oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan yang dibiayai APBN Tahun Anggaran 2019. Untuk pembanguan di Tiakur, akan dibangun 25 unit rumah dengan biaya sebesar  Rp. 4.444.916.000.

Tujuan daripada pembanguan rumah khusus ASN ini adalah untuk memberikan fasilitas kemudahan, meringankan beban ASN dalam memenuhi kebutuhan akan rumah sehingga diharapkan hunian tempat tinggal ini menjadi sarana pembinaan keluarga yang dapat menunjang pelaksanaan tugas ASN dan dapat meningkatkan kualitas hidup demi terwujudnya kesejahteraan ASN.

Dalam sambutannya, Piter menjelaskan bahwa setelah selesainya pembangunan rumah khusus ini, maka selanjutnya akan dilaksanakan penyerahan aset kepada pemerintah daerah, “Dalam pembangunan kami selalu menganut 3 sukses yaitu ; sukses membangun, sukses pemanfaatan dan sukses serah terima aset”, kata Piter.

Sementara itu, Bupati lewat sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh pemerintah pusat, “Saya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat karena kami boleh mendapatkan bantuan sejumlah 25 unit rumah khusus ASN, ini merupakan berkat besar bagi masyarakat MBD khususnya ASN, apalagi saat ini pemerintah daerah sementara menggalakkan dan mempercepat pembangunan di daerah ini,”

Menurut Bupati, pembangunan 25 unit rumah ini masih kurang mengingat bukan hanya di Tiakur tapi ASN di Kecamatan-kecamatan juga masih banyak yang kesulitan mendapatkan rumah. Namun Pemda atau ASN tidak akan mungkin bergantung seluruhnya kepada bantuan perumahan.

“Masih banyak juga pegawai negeri kita yang masih menumpang di rumah kerabat, teman atau saudara karena belum memiliki rumah,  saya harap ke depan Kementerian PUPR bisa membantu lagi dan saya tidak akan bosan bosannya untuk bermohon bantuan, dan juga kepada pihak perbankan di MBD agar membantu ASN yang berpenghasilan pas-pasan untuk mendapatkan kemudahan dalam kepemilikan rumah,” ungkap Bupati dalam sambutannya.


Bagikan artikel ke :