PEMKAB. MBD GELAR PERAYAAN HUT TANI TAHUN 2020
BUPATI : PETANI HARUS DIHARGAI SAMA DENGAN PROFESI LAIN

By admin15 26 Sep 2020, 08:42:49 WIB Pertanian
PEMKAB. MBD GELAR PERAYAAN HUT TANI TAHUN 2020

Tiakur-malukubaratdayakab.go.id- Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya  menggelar perayaan HUT Tani Tahun 2020 yang jatuh  pada tanggal 24 Sepetember 2020 di Desa Luhuleli, Kecamatan Letti Kab. MBD, Jumat (25/09/2020).

Bupati MBD, Benyamin Th. Noach, ST menghadiri kegiatan tersebut didampingi Pimpinan OPD Lingkup Kab. MBD, Forkopimda Kec. Pulau Letti, Kepala Desa se-Pulau Leti dan para petani.

Tema HUT Tani Tahun 2020 adalah “Pertanian Andalan Ekonomi Nasional di Masa Covid-19”. Tema ini didasari bahwa sektor pertanian dalam masa pandemi covid-19 tetap memberikan kontribusi yang baik pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Demikian halnya di Kabupaten Maluku Barat Daya, sekalipun pandemi covid-19 tidak menurunkan semangat petani untuk tetap bekerja sehngga transaksi perekonomian tetap berjalan dengan baik.

Baca Lainnya :

Dipilihnya Kecamatan Pulau Letti sebagai tempat perayaan HUT Tani Tahun 2020, merupakan sebuah penghargaan kepada masyarakat Pulau Letti karena telah memberikan kontribusi yang besar bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat di Ibukota Kabupaten  MBD.


Kepala Dinas Pertanian Kab. MBD Y.D. Philipus, SPt, MSi mengucapakan terimakasih kepada para petani yang ada di Kabupaten Maluku Barat Daya  atas kontribusinya yang besar pada pembangunan sektor pertanian di MBD. Karena sekalipun dalam masa pandemi dengan anjuran semua masyarakat harus tetap di rumah para petani tetap ada di ladang untuk bekerja demi memenuhi kebutuhan hidup orang banyak.

Dalam sambutannya Bupati MBD menyampaikan bahwa pertanian merupakan sektor andalan, dimana sektor pertanian memegang peranan penting dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia. Sehingga sektor pertanian harus lebih dikembangkan terlebih khusus untuk pertanian di Maluku Barat Daya.

“Petani harus dihargai sama dengan profesi lain,  petani selalu dianggap sebagai profesi yang miskin, profesi untuk orang-orang yang terbelakang dan profesi yang tidak menjanjikan tetapi kita harus merubah pemahaman kita bahwa petani itu orang kaya, dengan keuletan para petani dapat menghasilkan hasil panen yang tidak terputus dalam satu tahun dan disertai inovasi terhadap hasil panen tersebut maka dapat memberikan keuantungan yang besar bagi para petani” ungkap Bupati.

Merujuk pada tema HUT Tani Tahun 2020, bahwa pertanian adalah andalan ekonomi nasional di masa Covid-19, Bupati menyatakan bukan hanya pada masa covid-19 tetapi disetiap saat, pertanian menjadi andalan.  Pertanian selalu dibutuhkan dalam setiap aktivitas hidup masyarakat.

Harapan Bupati bagi petani di Maluku Barat Daya agar dapat bekerja sama dengan Bumdes, dengan demikian Bumdes dapat berperan aktif dalam pemenuhan kebutuhan petani seperti peralatan pertanian,pupuka,dsb. Terhadap bantuan pertanian yang diberikan agar dapat dijaga dan bertanggung jawab agar pertanian di MBD lebih maju dimasa yang akan depan.

Sebelum melakukan perayaan HUT Tani di Desa Luhulely, Bupati Maluku Barat Daya juga melakukan acara serah terima aset pemerintah daerah kepada Kepala Desa Tutukey, Lurah Tiakur dan Pj. Kepala Desa Jerusu  berupa Balai Desa Tutukey, Kantor Kelurahan Tiakur dan Balai Dusun Rumkuda.  Kalwedo ... (DKI)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment