Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Di Kabupaten Maluku Barat Daya

By admin15 18 Jun 2020, 14:39:55 WIB Pemerintahan
Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Di Kabupaten Maluku Barat Daya

Tiakur, malukubaratdayakab.go.id - Proses pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) merupakan kerja yang cukup berat, sehingga dituntut untuk memiliki komitmen yang kuat, punya mindset atau pola pikir dan budaya yang sama sehingga keberhasilan membangun Zona Integritas ini dapat dicapai. Komitmen ini telah dibuktikan oleh seluruh pegawai Badan Pusat Statistik Kabupaten Maluku Barat Daya melalui penandatanganan Pakta Integritas, yang dilaksanakan pada hari Kamis (18/06/2020) di halaman Kantor BPS Kab. Maluku Barat Daya. Penandatanganan  Pakta Integritas ini dilakukan Kepala BPS Kab. MBD bersama Sekretaris Daerah, Perwakilan Kajari MBD, Perwakilan Polres MBD, Kepala Diskominfo MBD dan Kepala Bappeda MBD yang menjadi saksi Pencanangan Pembangunan Zona Integritas.

Kepala BPS Kab. MBD, Corneles Buiohlabna, S.ST, M.Si menyampaikan bahwa proses membangun Zona Integritas menuju WBK, WBBM dan pelaksanaan Reformasi Birokrasi di BPS Kab. Maluku Barat Daya telah dilaksanakan sejak tahun 2018 dengan sejumlah prestasi, khususnya penghargaan dalam hal pengelolaan keuangan dari KPPN Saumlaki, diantaranya Peringkat II Kinerja Pelaksanaan Anggaran Periode Semester I 2018, Penghargaan Terhadap Satker atas Rekonsiliasi UAKPA (SIAP-SAI) yang benar dan tepat waktu pada Triwulan III 2018, Penghargaan Terhadap Satker yang Mengajukan LPJ Bulanan Tepat Waktu dan Akurat pada Triwulan III 2018, Peringkat III Satker Terbaik dalam Kepatuhan Penyampaian LPJ Bendahara Semester I Tahun 2019, Peringkat III Pencapaian IKPA Semester I 2019, dan yang terakhir pada awal Tahun 2020 ini adalah Peringkat III IKPA untuk Tahun Anggaran 2019. Adapun juga inovasi yang telah dilakukan oleh BPS Kab. Maluku Barat Daya yaitu penyediaan data dalam bentuk aplikasi MBD satu data yang berbasis android yang merupakan hasil kolaborasi bersama Bappeda dan kemudian dilanjutkan bersama Diskominfo.

"Syarat menuju Pembangunan Zona Integritas antara lain adalah Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam hal laporan keuangan dan nilai implementasi SAKIP dengan nilai minimal CC atau cukup, " tutur Corneles Buiohlabna. "Puji syukur, semua syarat tersebut telah kami penuhi, semua ini merupakan upaya seluruh jajaran BPS Kabupaten Maluku Barat Daya yang telah bekerja secara sungguh-sungguh dalam mewujudkan birokrasi yang bersih dan melayani.”

Baca Lainnya :

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Kab. MBD, Drs. A. Siamiloy, M.Si menyampaikan bahwa BPS Kab. Maluku Barat Daya telah mencapai hasil yang baik dan maksimal atas berkat kerjasama yang baik. Sistem manajemen dengan  mengelolah sumber daya yang tersedia dan dapat disadari oleh semua personil sehingga menjadi suatu acuan yang baik untuk mencapai prestasi sesuai dengan keinginan pemerintah di semua lini.

"Saya mewakili birokrasi pemerintah daerah, saya sebenarnya merasa malu atas prestasi yang tadi telah disampaikan, saya kira di sini ada Kepala Bappeda, segera dicanangkan juga kapan kita buat pencanangan Zona Integritas Bebas Korupsi dan peningkatan kinerja PNS atau birokrasi," tutur Drs. A. Siamiloy, M.Si, "Seharusnya berdasarkan budaya kita, orang malu kalau kita tidak berprestasi, jadi melalui prestasi yang diraih BPS Kabupaten Maluku Barat Daya ini, saya ucapkan terima kasih dan kiranya dikuti oleh OPD-OPD yang lain terutama pemerintah daerah".

Dalam akhir sambutannya, Sekretaris Daerah berharap pemerintah daerah tahun ini bisa menjadi WTP dan mencapai apa yang diharapkan, serta terus membina ASN untuk mencapai kinerja yang terbaik sesuai dengan keinginan pemerintah, dan jajaran BPS Kab. Maluku Barat Daya yang telah mencapai prestasi yang luar biasa tetap dipertahankan, karena semua itu berpulang pada aparatur sendiri. (Diskominfo)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment