Penuhi janji, Bupati MBD Tandatangani MoU bersama UGM Yogyakarta, Anak MBD peroleh kesempatan lebih luas ke UGM.

August 31, 2019 4:44 am

Yogyakarta – malukubaratdayakab.go.id – Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) mengadakan kerjasama dengan Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta untuk jangka waktu 4 tahun, salah satunya di bidang pendidikan agar anak MBD peroleh kesempatan yang lebih luas menuntut ilmu di UGM.

Kerjasama yang dilaksanakan ini adalah di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat  yang ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepakatan atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Bupati MBD, Benyamin Th. Noach, ST dengan Rektor UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng,D.Eng,IPU, pada Jumat (30/8/2019) di Balairung UGM Yogyakarta.

Sebelumnya dalam acara perpisahan Mahasiswa KKN – PPM (Kuliah Kerja Nyata – Program Pemberdayaan Masyarakat) UGM  2019 di Desa Kliss, Kecamatan Moa – Lakor (15/8/2019), Bupati berjanji akan mengupayakan kerjasama dengan UGM Yogyakarta agar putra putri MBD memperoleh kesempatan seluasnya untuk menuntut ilmu di UGM, dan janji itu  itu telah diwujudkan lewat penantanganan MoU dengn UGM pada Jumat kemarin di Yogyakarta.

Penandatangan MoU ini, selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan penandatanganan naskah kerjasama dengan sejumlah fakultas dan lembaga lainnya di UGM oleh Pemerintah Derah agar dapat ditindaklanjuti oleh pihak UGM.

Dalam sambutannya, Benyamin Th. Noach menyampaikan, Kabupaten MBD baru dimekarkan 11 tahun yang lalu, Kabupaten MBD merupakan salah satu wilayah terluar yang berbatasan langsung dengan Timor Leste dan Australia. Pemda Kabupaten MBD menyadari bahwa masih banyak terdapat kekurangan dan kendala akibat terbatasnya akses transportasi dan kapasitas sumberdaya manusia yang handal dalam pelaksanaan tata kelola pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan penyediaan layanan kepada masyarakat serta keterbatasan dalam menggali dan memanfatkan potensi daerah untuk kepentingan masyarakat yang lebih luas.

 

“Kabupaten kami baru dimekarkan Tahun 2008, kami baru mulai bergerak,  saya berharap mudah mudahan kerjasama ini bisa membantu anak anak di MBD, kami akan dorong terus peningkatan kapasitas sumber daya manusia untuk menghadapi banyak potensi sumber daya alam, Tuhan telah memberikan banyak potensi di Kabupaten kami, ada 5 blok migas, yang mulai digarap sekarang Blok Marsela, ke depan nanti Blok Leti yang sementara ini sedang disurvey, ada juga Blok Moa Utara, Blok Moa Selatan, dan Blok Sermatang”.

Lanjut Bupati, “Untuk semuanya itu, Kita butuh tenaga tenaga handal dalam membangun infra struktur dan mendorong pemberdayaan masyarakat di desa yang butuh bantuan dalam mengelola potensi di desa”.

Pada kesempatan ini pula, Bupati memberikan apresiasi atas pelaksanaan KKN Mahasiswa UGM beberapa waktu lalu di MBD, “Mahasiswa UGM untuk pertama kalinya melaksanakan KKN di MBD yakni di 2 desa,  Desa Klis dan Desa Werwaru, Saya berharap ke depan bisa lebih ditingkatkan, mudah mudahan tahun depan bisa di kirim lagi mahasisiwa KKN UGM ke MBD, bukan hanya di Pulau Moa tapi ke pulau lain juga untuk membantu kami Pemerintah Daerah dalam program pemberdayaan masyarakat di desa” tambah Bupati.

Mengakhiri sambutannya, Bupati menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak UGM, “Atas nama Pemerintah Daerah dan seluruh masyarakat MBD, saya mengucapkan banyak terima kasih, kita sudah bersepakat dengan UGM, Universitas tertua dan selama ini menjadi dambaan banyak orang, kami berharap UGM bisa membantu kami”, pungkas Bupati.

Sementara itu lewat kesempatan yang sama, Rektor UGM dalam sambutannya menyampaikan bahwa UGM siap menerima mahasiswa dari seluruh Indonesia termasuk dari MBD. UGM dengan pengalaman dan keberadaannya terus berharap dapat berkontribusi positif bagi Bangsa dan Negara, khususnya bagi Kabupaten yang saat ini telah menandatangani MoU dan berharap dengan kerjasama ini akan  membantu menyelesaikan berbagai persoalan yang ada di daerah.

Setelah penandatanganan MoU, dilakukan pertukaran cinderamata antara kedua belah pihak. Hadir dalam Penandatanganan MoU ini, Rektor UGM Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng,D.Eng,IPU beserta Civitas Akademika UGM yang berkenan hadir, sejumlah pejabat Pemda MBD antara lain Kadis Pertanian, Kadis Perindagkop, serta Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten MBD. (diskominfo mbd)


Bagikan artikel ke :