PENYERAHAN LAPORAN KEUANGAN UNAUDITED PEMERINTAH DAERAH KAB. MBD TAHUN ANGGARAN 2020

By admin15 30 Mar 2021, 07:43:53 WIB Pemerintahan
PENYERAHAN LAPORAN KEUANGAN UNAUDITED PEMERINTAH DAERAH KAB. MBD TAHUN ANGGARAN 2020

Tiakur-malukubaratdayakab.go.id- Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia melaksanakan virtual Penyampaian Laporan Keuangan Unaudited bagi   Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya dan Pemerintah Kabupaten Buru Selatan Tahun Anggaran 2020, Senin (29/3/2021).                                                                                                                                                                            

Bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati, penyerahan LK Tahun 2020 dilakukan oleh Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Th. Noach, S.T, dan disaksikan oleh  Sekretaris Daerah Kab. MBD, Drs. A. Siamiloy, M.Si, Plt. Asisten Adminitrasi Pemerintahan, Drs. D. Reimialy, Kepala BKAD, O. H. Y. Kuara, S.Sos beserta Pimpinan OPD Lingkup Pemda Kab. MBD.

Baca Lainnya :


Dalam sambutannya Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Maluku, Muhammad Abidin, S.E, Ak mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya dan Pemerintah Kabupaten Buru Selatan atas komitmen, upaya serta kerja keras yang telah dilaksanakan  sehingga penyampaian Laporan keuangan dapat dilaksanakan secara tepat waktu sesuai ketentuan perundangan-undangan yakni Laporan Keuangan unaudited disampaikan paling lambat 3 bulan sejak berakhirnya tahun anggaran.

Hal ini menunjukan bahwa Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya dan Pemerintah Kabupaten Buru Selatan memenuhi harapan-harapan BPK RI untuk perbaikan tata kelola keuangan daerah yang salah satunya yaitu disiplin waktu dalam pertanggungjawaban pengelolaan keuangan daerah.

“Sesuai penjelasan Pasal 31  ayat 1 Undang-Undang No. 17 Tahun 2003 menyatakan bahwa Pemeriksaan LK oleh BPK diselesaikan selambat-lambatnya 2 (dua) bulan setelah menerima Laporan Keuangan dari Pemerintah Daerah, maka menjadi tanggung jawab BPK Perwakilan Provinsi Maluku untuk dapat menyelesaikan tugas pemeriksaan selama 60 hari kedepan”, kata Abidin.

Visi BPK yang termuat dalam Rencana Starategis BPK  tahun 2020 – 2024 adalah menjadi lembaga pemeriksa keuangan terpercaya yang berperan aktif dalam mewujudkan tata kelola keuangan negara maupun daerah yang berkualitas dan bermanfaat untuk mencapai tujuan negara. Pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK merupakan suatu proses identifikasi masalah, analis dan evaluasi yang dilaksanakan secara indepent, objektif serta proposional berdasarkan standar pemeriksaan keuangan negara untuk menilai kebenaran, kecermatan mengenai pengelolaan keuangan di daerah. BPK melaksanakan pemeriksaan untuk memperoleh bukti yang cukup untuk menyatakan opini terhadap LKPD yang disampaikan.


Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Th. Noach, S.T, dalam sambutannya  mengucapkan terima kasih kepada BPK RI Perwakilan Maluku karena Pemerintah Kab. MBD dan Pemerintah Kab. Buru Selatan  telah memenuhi kewajiban dalam menyampaikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Maluku Barat Daya dan Pemerintah Daerah Buru Selatan Tahun 2020 untuk selanjutnya diaudit sesuai dengan peraturan perundang-undang yang berlaku. 

Dengan diterimanya LKPD unaudited oleh BPK Perwakilan Maluku, menunjukan bahwa Pemerintah Daerah memiliki komitmen yang kuat sehingga dapat melaksanakan kewajiban untuk menyampaikan LKPD tepat waktu, yang selanjutnya BPK akan melakukan pemeriksaan LKPD terinci di masing-masing Pemerintah Daerah selama 30 hari ke depan.

Pemerintah Daerah Kab. MBD juga mengucapkan terima kasih atas segala masukan, koreksi dan langkah-langkah perbaikan kepada BPK RI Perwakilan Provinsi Maluku yang telah melakukan audit terhadap LKPD Kab.MBD melalui pemeriksaan Intern yang dilakukan pada tanggal 16-20 Maret 2021 yang lalu.


Lebih lanjut Bupati berpesan kepada seluruh Perangkat Daerah di Kabupaten Maluku Barat Daya, demi terciptanya pengelolaan anggaran yang baik maka audit BPK harus didukung. Untuk hal tersebut Bupati menginstrusikan kepada Sekda MBD dan Kepala OPD di Kab. MBD agar mengarahkan seluruh jajaran dan stafnya bersikap kooperatif saat Tim BPK RI melakukan pemeriksaan.

“Semua harus kooperatif. Jangan sampai ada aparatur yang tidak kooperatif dan menghambat proses pemeriksaan. Kita harus manfaatkan moment ini untuk mengetahui kekurangan dan kesalahan yang masih sering terjadi demi perbaikan Daerah kita ke depan. Teruslah semangat ‘Bersatu, Berkarya demi MBD Maju’ semoga apa yang dilakukan dapat berguna bagi rakyat dan daerah yang kita cintai” ucap Bupati.

Diakhir sambutannya Bupati menyampaikan terima kasih kepada Kepala Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan Maluku beserta jajarannya yang telah melaksanakan Pemeriksaan Pendahuluan LKPD Kab. MBD dan Kab. Buru Selatan semoga kerja sama yang telah dibina dengan baik dapat ditingkatkan dimasa-masa yang akan datang. Dengan harapan Laporan Keuangan unaudited yang diserahkan bisa  memberikan hasil pemeriksaan yang terbaik lagi dengan capaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Kalwedo... (Kominfo21)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment