Pilkada Serentak 2020 Ditengah Pandemi Covid-19

By admin15 06 Jun 2020, 14:19:37 WIB Politik
Pilkada Serentak  2020 Ditengah Pandemi Covid-19

Tiakur, malukubaratdayakab.go.id Pada hari Jumat (05/06/2020), Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Th. Noach, ST berserta dengan Ketua KPU Kab. MBD dan Ketua Bawaslu Kab. MBD mengikuti Video Conference bersama dengan Menteri Koordinator Bidang Politik dan Hukum, Menteri Dalam Negeri,  KPU RI,  Bawaslu RI, dan para kepala daerah, Gubernur, Bupati, Walikota beserta Ketua KPU dan Ketua Bawaslu pada daerah masing-masing yang akan melaksanakan Pilkada Tahun 2020 terkait Pelaksanaan Pilkada 2020 Ditengah Pandemi Covid-19.

Berbeda dengan Pilkada tahun-tahun sebelumnya Pilkada Tahun 2020 memilki tantangan besar yang menimbulkan presepsi mungkin Pilkada tahun ini kemungkinan ditunda karena pandemi Covid-19 yang melanda di Indonesia. Namun pemerintah pusat menyatakan Pelaksanaan Pilkada Tahun 2020 akan tetap diselenggarakan dengan menggunakan protokol-protokol kesehatan.

Pihak KPU RI menyampaikan bahwa didalam rapat kerja yang telah dilaksanakan pada hari Rabu (03/06/2020) lalu, KPU telah menyusun tahapan-tahapan, program dan jadwal yang akan dilakukan pada tanggal 15 Juni 2020 dan sebagai landasan Pilkada lanjutan 19 Desember 2020 yang siap diajukan ke Kemenpolhukam untuk diundangkan, serta KPU sedang memantangkan konsep Penyelenggaraan Pilkada ditengah Pandemi Covid-19 yang dipadukan dengan protokol kesehatan.

Baca Lainnya :

Panitia Pelaksana Pemilihan yang terpilih nantinya akan mengikuti Rapid-test terlebih dahulu dan akan diperlengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD). KPU RI telah menganggarkan dana biaya untuk perlengkapan Panitia Pelaksana Pemilihan, KPU Pusat menghimbau juga kepada KPU daerah masing-masing agar mengalokasikan dana untuk membantu KPU RI dalam memenuhi perlengkapan dan persiapan untuk Panitia Pelaksana Pemilihan.

Pemerintah Daerah yang daerahnya akan menyelenggarakan Pilkada pun menyatakan siap untuk melaksanakan Pemilu Serentak 2020 berdasarkan keputusan dari KPU RI. Pemerintah pusat berharap agar para pemerintah daerah mendukung dan berperan besar dalam mensukseskan dan mengamankan hasil Pilkada Serentak  2020 ditengah Pandemi Covid-19. (Diskominfo)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment