Pjs Bupati MBD Resmikan Kantor Bersama Samsat Tiakur

By admin15 03 Okt 2020, 12:03:12 WIB Pemerintahan
Pjs  Bupati MBD Resmikan Kantor Bersama Samsat  Tiakur

Tiakur-malukubaratdayakab.goi.id - Pjs Bupati MBD, Drs. Melkias M. Lohy, M.T, meresmikan Kantor bersama Samsat Tiakur Kabupaten Maluku Barat Daya, yang untuk sementara waktu menggunakan salah satu  rumah Pemda, Blok D, Jumat (02/10/2020). Turut hadir pada acara ini, Forkopimda Kab. MBD, Sekretaris Daerah Kab. MBD, Kepala Bapenda Provinsi Maluku, Djalaludin Salampessy, bersama staf yang mewakili PT. Jasa Raharja, Pimpinan OPD lingkup Pemda MBD, Perwakilan Satlantas MBD, serta Perwakilan dari Bank Maluku/Malut Cab. Tiakur.

Dalam sambutannya Kepala Bapenda Provinsi Maluku menyampaikan bahwa dari 11 Kabupten/Kota, Kabupaten Maluku Barat Daya merupakan kabupten yang terakhir diresmikannya Kantor Bersama Samsat, tetapi menurutnya tidak ada kata terlambat dalam memicu pendapatan daerah.

Baca Lainnya :

Dijelaskan bahwa dana sharing untuk 11 kabupaten/kota dari Provinsi maluku khususnya Kab. MBD sebesar ± 33 milyar dari Tahun 2016 sampai pada triwulan ke-3 tahun ini, telah membiayai sejumlah pembangunan di Maluku Barat Daya. Sehingga dengan adanya peresmian kantor bersama  ini akan memberikan kontribusi yang luas terhadap dinamika pembangunan yang ada.

Kantor ini akan dijalankan oleh 4 komponen besar yakni UPTD Badan Pendapatan, Satlantas Kab. MBD, Jasa Raharja dan Bank Maluku/Malut sehingga diharapkan semuanya dapat bersinergi, berkolaborasi,  berkoordinasi untuk dapat menciptakan lingkungan kerja yang baik.  

“Dari sinilah kita akan melanjutkan pembangunan ini, dan dari sinilah kita akan mensejahterakan rakyat” ucap Kepala Beppenda diakhir sambutannya.


Pjs Bupati Kab. MBD,  Drs. Melkias M. Lohy, M. T, dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan tugas umum pemerintahan,  fungsi Pemerintah adalah melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat serta menumbuh kembangkan kesadaran serta peran masyarakat dalam pembangunan. Salah satu tugas pentingnya antara lain dalam hal pemberian pelayanan perijinan sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

Menurutnya Pemerintahan adalah seni. Sehingga filosofi pemerintahan ini adalah hadirnya seorang pemimpin untuk memberikan rasa nyaman, melindungi rakyatnya dan juga harus mampu mendengarkan suara hati rakyatnya. Dan apabila seorang tidak dapat memberikan rasa nyaman  dan melindungi rakyatnya serta mendengarkan suara hati rakyatnya  maka tidak dapat disebut sebagai seorang pemimpin.


 Lebih lanjut Pjs Bupati mengatakan bahwa dengan kondisi kantor yang ditempati sekarang ini kiranya tidak mengurangi niat  untuk  melakukan yang terbaik bagi daerah ini. Karena apa yang baik dilakukan akan menuai yang baik pula dikemudian hari.

“Kantor UPTD Pelayanan Pendapatan yang akan diresmikan bertujuan untuk memperjelas PAD Kab. MBD berupa pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan dan  mempermudah masyarakat Maluku Barat Daya dalam pembayaran pajak karena sebelumnya diurus di Saumlaki atau di Ambon. Dengan diresmikannya Kantor UPTD Pelayanan ini memperpendek rentang kendali yang sebelumnya menjadi kendala” kata Pjs Bupati.

Diakhir sambutannya Pjs Bupati menharapkan UPTD Pelayanan Pendapatan Tiakur dapat memberikan kemudahan dan pelayanan yang baik bagi masyarakat. Kalwedo … (DKI)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment