RAKOR TIK I TIM INOVASI KABUPATEN MALUKU BARAT DAYA

July 25, 2019 3:59 am

Tiakur, Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya menggelar Rapat Koordinasi (RAKOR) Tahap I Tim Inovasi Kabupaten (TIK) dan Launching Bursa Inovasi tingkat kecamatan tahun 2019, rabu 24 juli 2019 bertempat di gedung rapat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Maluku Barat Daya.

Sekretaris Daerah (SEKDA) Kab. MBD, Drs. A. Siamiloy, M.Si membuka secara resmi RAKOR I TIK yang di hadiri, Asisten II bidang Perekonomian dan Sumber Daya Alam (Ir. Jhony James Kay) pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yakni Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Ir. P. Y. Rupilu, M.Si) dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Ir. W. Maahury, M.Si).

Dalam sambutan SEKDA, menjelaskan, keadaan desa harus berubah setiap tahun, jangan hanya begitu-begitu saja padahal setiap tahun pencairan dana desa dilakukan tapi keadaan desa tidak berubah, ini perlu di perhatikan agar kita dapat menciptakan inovasi baru untuk menjawab tantangan ini.

Beberapa tahun kedepan kita dapat melihat perubahan, desa menjadi mandiri dan sejahtera ,maka Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana harus mengawal lebih ketat setiap perencanaan dan evaluasi penggunaan dana desa sesuai amanat Undang-Undang Desa No 6 Tahun 2014.

Jangan lagi penggunaan dana desa ini menjerat kepala desa di ranah hukum itu berarti proses pendampingan tidak pernah dilakukan, bagaimana inovasi itu harus berjalan, bagaimana mekanisme pengelolaan dana desa, bagaimana proses perencanaan dan pelaporan, semua harus berkosentrasi, pendampingan jangan gaya lama, rapat ada tapi selesai itu menghilang.

Kita tidak bisa berharap lebih banyak kepada kepala desa maka itu kita perlu pendamping, sebagai pendamping desa tanggung jawab kita sungguh besar, kita terpanggil untuk berbuat baik memacukan desa, membimbing mereka agar ada peningkatan taraf hidup yang membawa kesejahteraan bagi masyarakat desa.

Kegiatan RAKOR TIK I yang berlangsung sehari menghadirkan narasumber Tenaga Ahli Madya Pengembangan Kapasitas Program Inovasi Desa KPW 5 Maluku Rendy Souisa yang membawakan materi pokok-pokok kebijakan program-program RKTL nasional, evaluasi pelaksanaan penyaluran dan penggunaan dana desa ,Dok bantuan pemerintah PID serta strategi mendorong perencanaan desa yang lebih berkualitas termasuk replika inovasi desa bagi peserta RAKOR.

RAKOR TIK I Kabupaten Maluku Barat Daya Tahun 2019 di akhiri dengan Launching Bursa Inovasi Kecamatan tahun 2019 oleh Sektretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Yahya Mauhelu, S.Sos.


Bagikan artikel ke :