Resmikan Gereja Advent Jemaat Getsemani Sumpali dan Rumah Imam Masjid Al-Muhajirin Kota Lama, Bupati MBD ajak masyarakat jaga kerukunan hidup beragama dan semangat gotong royong.

November 6, 2019 12:15 am

Tiakurmalukubaratdayakab.go.id. sebagai bagian rangkaian kunjungan kerja Bupati MBD (Maluku Barat Daya) Benyamin Th. Noach, S.T. didampingi Ketua TP. PKK Kabupaten MBD, Ny. Rely Noach, bersama rombongan di Pulau Kisar, selain menghadiri peringatan Sumpah Pemuda tingkat kabupaten pada 28 Oktober 2019 yang dipusatkan di Pulau Kisar, juga dilaksanakan kegiatan kemasyarakatan lainnya antara lain peresmian rumah Imam Masjid Al-Muhajirin Kota Lama dan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) Jemaat Getsemani Sumpali Kecamatan PP. Terselatan pada Minggu (29/10/2019).

Bertempat di Masjid Al-Muhajirin, disaksikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten MBD, Stevanus Thia, pejabat TNI/Polri, serta jamaah masjid dan undangan lainnya, Bupati meresmikan penggunaan rumah imam masjid. Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati.

Bupati MBD, Benyamin Th. Noach melakukan pengguntingan pita meresmikan penggunaan rumah Imam Masjid Al-Muhajirin Kota Lama, Pulau Kisar.

Pembangunan rumah imam ini dimulai pada Oktober 2017 dengan bantuan biaya dari Gubernur Maluku saat itu, Bapak Ir. Said Assagaf, sebesar 125 juta Rupiah, demikian penjelasan pengurus masjid dalam laporannya.

Bupati MBD dalam sambutannya, selain mengucapkan selamat, juga menghimbau agar toleransi dan kerukunan hidup beragama senantiasa terjaga di bumi Kalwedo.

“Kehidupan sosial masyarakat MBD yang penuh dengan kekeluargaan, harus kita jaga dengan hubungan kekerabatan, persaudaraan tanpa membedakan suku, agama dan keyakinan, Kita semua adalah orang MBD yang bertanggung jawab atas seluruh proses kehidupan di MBD, bertanggung jawab atas keamanan dan ketertiban di MBD, kita juga bertanggung jawab atas toleransi hidup umat beragama di MBD”.  

Lanjut Bupati, “Saya berharap lewat momen seperti ini, silaturahmi di antara kita selalu terjalin, sehingga persoalan di masyarakat dapat diselesaikan dengan baik dengan cara kekeluargaan, musyawarah mufakat untuk kesejahteraan bersama”, ucapnya.

Selanjutnya, Bupati dan rombongan menuju Dusun Sumpali, Desa Lekloor Kecamatan PP. Terselatan untuk meresmikan Gedung Gereja Advent Jemaat Getsemani. Bupati dan rombongan tiba di Sumpali disambut dengan upacara adat oleh masyarakat, rohaniawan serta jemaat yang hadir.

Gedung GMAHK Getsemani Sumpali dibangun sejak 2016 di atas tanah seluas 210 m² dengan biaya sebesar Rp. 282,216,000, dengan sumber biaya dari swadaya murni jemaat, para donator serta bantuan dari pemerintah daerah.

Ketua Mission Daerah Nusa Tenggara, Pdt. Albertho S.M. Tulalessy, memberikan apresiasi yang tinggi kepada pemerintah daerah dalam hal ini Bupati MBD, Benyamin Th. Noach, S.T, dan seluruh jajarannya, telah berkenan hadir meresmikan GMAHK Jemaat Getsemani Sumpali dan berdoa agar Maluku Barat Daya akan selalu maju dan berkembang dan seluruh masyarakatnya diberkati oleh Tuhan.

Apresiasi yang tinggi pula diberikan kepada masyarakat Dusun Sumpali lewat sikap toleransi dan gotong royong yang diperlihatkan dalam membantu jemaat Getsemani mempersiapkan kegiatan peresmian gedung gereja.

“Kita juga boleh melihat melalui pembangunan gedung gereja yang indah ini, sikap gotong royong ditunjukan oleh masyarakat di sekitar gereja ini, secara khusus masyarakat Dusun Sumpali yang langsung dipimpin oleh Kepala Dusun untuk membantu segala pelaksanaan peresmian pada saat ini, kami mengapresiasi yang sebesar besarnya atas apa yang dilakukan oleh masyarakat ini, dimana semangat gotong royong masih tetap dimiliki di tempat ini” kata Tulalessy.

Senada dengan Tulalessy, Bupati dalam sambutannya mengharapkan Gereja bersama pemerintah daerah bahu membahu membangun mentalitas manusia  MBD menjadi orang orang yang bertaqwa kepada Tuhan, menjaga perdamaian, yang mampu bertahan, ulet menghadapi tantangan kehidupan serta penuh semangat gotong royong.

“Saya berharap gereja menjadi corong untuk membangun kebersamaan, membangun iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, dan juga membangun interaksi antara manusia dengan penuh damai sejahtera, penuh dengan sukacita, penuh dengan rasa kebersamaan, penuh dengan rasa gotong royong” kata Bupati.

Lanjut Bupati, “Gereja dibangun dimana mana , tempat ibadah dibangun dimana mana, bagi pemerintah daerah tujuannya hanya satu, mari kita sama sama bangun karakter bangsa,  mari kita bangun iman dan taqwa rakyat Maluku Barat Daya. Percayalah jika apa yang kita perbuat itu ikhlas untuk orang banyak, saya percaya Tuhan akan bersama kita”, ucapnya.

Panitia pembangunan gedung gereja juga mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada Pemerintah Kabupaten MBD, Kepala Desa Lekloor bersama staf, Kepala Dusun Sumpali bersama masyarakat, Pimpinan gereja tetangga, GPM dan GSJA Dusun Sumpali, para donatur dan semua anggota jemaat GMAHK Getsemani Sumpali.

Selanjutnya Bupati MBD, Benyamin Th. Noach didampingi ketua Mission Nusa Tenggara, Pdt. Albertho S.M. Tulalessy disaksikan oleh hadirin lainnya,  berkenan menandatangani prasasti peresmian GMAHK Jemaat Getsemani Sumpali yang kemudian dilanjutkan dengan penarikan tirai penutup papan nama gereja oleh Bupati.

Tampak hadir dalam acara ini, Pimpinan DPRD Kabupaten MBD, Pejabat TNI/Polri, para Camat, Pimpinan OPD, Pemerintah Desa Lekloor beserta jajaranya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten MBD, tokoh masyarakat dan agama, jemaat Getsemani Sumpali, masyarakat serta undangan lainnya. (diskominfo-mbd)


Bagikan artikel ke :