Sosialisasi APAR Tahun 2019 : “Pantang pulang sebelum api padam”

July 27, 2019 12:51 am

Tiakur, malukubaratdayakab.go.id – Bertempat di Balai Desa Wakarleli, Bupati MBD (Maluku Barat Daya) yang diwakili oleh Assisten Bidang Perekonomian Setda Kabupaten MBD, Ir. Jhon Kay, membuka dengan resmi kegiatan Sosialisasi APAR (Alat Pemadam Api Ringan ) oleh Satuan Polisi Pamong Praja  dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kabupaten MBD pada Jumat, 26 Juli 2019.

Selain dihadiri oleh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Forkopimda, serta undangan lainnya, kegiatan sosialiasi ini juga diikuti oleh peserta sosialisasi sebanyak 100 orang yang merupakan perwakilan dari tiap OPD lingkup Pemda Kabupaten MBD dengan 1 orang narasumber sebagai pemateri dari Dinas Damkar Kota Ambon.

Tujuan daripada sosialisasi APAR ini adalah untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang handal dengan memberikan bekal pengetahuan kepada peserta untuk pencegahan dan pemadaman kebakaran serta penyelamatan jiwa atau evakuasi harta benda pemerintah daerah pada tempat kerja peserta ketika terjadi kebakaran.

“Api sangat berguna bagi kehidupan manusia dan berperan penting dalam mengendalikan kehidupan manusia, tanpa api manusia tidak dapat hidup, namun sebaliknya, api kalau tidak dijaga dengan baik akan menjadi musuh besar bagi kehidupan manusia, dengan kata lain, api masih kecil merupakan sahabat kita, tapi api besar merupakan musuh kita”, demikian Jhon Kay membacakan sambutan Bupati MBD.

Atas nama Bupati MBD, Asisten Bidang Perekonomian berpesan kepada peserta sosialisasi agar mengikuti kegiatan sosialisasi ini dengan baik sehingga memperoleh bekal pengetahuan tentang pencegahan serta pemadaman bahaya kebakaran yang tidak hanya menyelamatkan harta benda pemerintah tapi juga jiwa manusia.

Menutup acara pembukaan kegiatan sosialiasi APAR tahun 2019 ini, dilakukan demonstrasi kekompakan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten MBD dengan menyanyikan Mars Damkar serta meneriakan yel yel Damkar, antara lain meneriakan yel yel dengan slogan “Pantang pulang sebelum api padam”. (herman suitela – diskominfo mbd)


Bagikan artikel ke :