Tenun Ikat MBD diperkenalkan di Australia, Rely Noach dorong Pengurus PKK Kecamatan dan Desa bantu perkenalkan kerajinan lokal.

November 7, 2019 11:33 pm

Tiakur – malukubaratdayakab.go.id. Ketua TP. PKK Kabupaten MBD, Ny. Rely Noach, didampingi pengurus TP. PKK Kabupaten MBD, melaksanakan kegiatan Pembinaan 10 Program Pokok PKK di Kecamatan Marsela,  pada Jumat (01/11/2019) bertempat di Balai Desa Lawawang. kegiatan ini dihadiri oleh Pengurus PKK Kecamatan dan Desa se-Kecamatan Marsela.

Selain memberikan penjelasan singkat 10 program pokok PKK yaitu penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, pelestarian lingkungan hidup dan perencanaan hidup sehat.

Ketua TP. PKK Kabupaten MBD juga mengajak segenap pegurus PKK Kecamatan dan Desa agar membenahi adminstrasi PKK. Pembenahan ini menurut Ny. Rely Noach sangat penting, karena selama ini Pengurus PKK Kabupaten sering menemui kendala administrasi dalam pelaporan kegiatan yang disebabkan Laporan dari Kecamatan dan Desa tidak lancar.

“Jika laporan kegiatan dari Kecamatan tidak ada, maka Kabupaten juga tidak bisa melaporkan kegiatan ke Provinsi” kata Rely Noach.

Lebih lanjut, “Untuk membenahi administrasi bukan pekerjaan yg mudah, namun perlu ada upaya penanganan yang sistematis dan berkelanjutan, supaya kita bisa melaksanakan  pelaporan kegiatan dengan baik”. ucapnya.

Menghadapi pelantikan pengurus Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Kabupaten MBD di Tiakur, Ketua TP PKK. Provinsi Maluku, Ny. Widya Murad Ismail akan berkunjung pada tanggal 10 Nopember 2019 dengan beberapa kegiatan lainnya yakni meninjau Kantor TP. PKK Kabupaten dan Festival Kalwedo di Tiakur.

Dalam rangka Festival Kalwedo, Ny. Rely Nocah mendorong Pengurus PKK agar berpartisipasi memperkenalkan kerajinan lokal.

“Perlu saya sampaikan untuk kita sekalian, bahwa tanggal 22 Oktober lalu, Ibu Widya Murad Ismail mengikuti peragaan busana di Perth Australia, beliau memperkenalkan kerajinan tenun ikat dari Kabupaten MBD, karena itu kita harus lebih giat lagi perkenalkan budaya kita”.

Lanjut Rely Noach, “Setiap kecamatan harus bantu menampilkan kerajinan masing masing di kabupaten agar kita juga bisa perkenalkan di provinsi dan selanjutnya tingkat nasional”.

Di akhir sambutannya, Ny. Rely Noach mengingatkan segenap Pengurus TP. PKK agar bekerja bersama dalam mensukseskan kegiatan 10 Program Pokok PKK.

“Saya mohon kepada kita semua untuk saling mengingatkan tentang tugas dan tanggung jawab kita memajukan program dan kegiatan, baik di Kecamatan dan Desa, jadi ini bukan tugas ibu ketua saja, tapi tugas kita bersama, demikian harapan saya, Tuhan memberkati kita sekalian, Kalwedo. (diskominfo-mbd)

Ketua TP. PKK Provinsi Maluku, Ny. Widya Murad Ismail memperkenalkan Tenun Ikat dari Maluku Barat Daya pada peragaaan busana di Perth Australia. (foto from google)


Bagikan artikel ke :