USAI DILANTIK, BUPATI KUNJUNGI SINODE GPM
Pemda Gandeng Sinode GPM Wujudkan Pembangunan di Segala Bidang

By admin15 30 Apr 2021, 07:10:19 WIB Pemerintahan
USAI DILANTIK, BUPATI KUNJUNGI SINODE GPM

Tiakur-malukubaratdayakab.go.id- Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Th. Noach, S.T bersama dengan Wakil Bupati MBD, Drs. Agustinus L. Kilikly, M.Si usai dilantik melakukan kunjungan kerja pertamanya ke Kantor Sinode GPM, yang langsung diterima oleh Ketua Sinode GPM, Pdt. Elifas Tomix Maspailtela bersama Pdt. R. Rahabeat  (Wasekum), Pdt. L. Bakarbessy (Wakil Ketua I) dan Pdt. N. Souisa (Anggota MPH) di Ruang Kerja Ketua Sinode GPM, Kamis (29/4/2021).

Dalam kunjungan tersebut, Bupati mengucapkan terima kasih kepada MPH Sinode karena telah berkenaan menerima kunjungannya bersama Wakil Bupati serta menyampaikan harapan agar dapat bersinergi bersama Sinode GPM dalam mewujudkan pembangunan di segala bidang.

Pdt. Elifas menyampaikan bahwa setiap pemimpin yang terlahir dari proses demokrasi rakyat, Sinode GPM akan mendukung dan berjalan bersama Pemkab. MBD, disamping itu juga Maspaitella berharap agar proses yang dibangun sebagai mitra kiranya dapat menjadi contoh bagi masyarakat.

Baca Lainnya :

Sebagai langkah awal, Pemkab MBD bersama dengan Ketua Media Center GPM, Pdt. Maryo Manjaruni, akan melakukan pembaharuan atau pengembangan sistem data yang meliputi data penduduk, data orang miskin, bantuan-bantuan sosial dan layanan publik seperti pembuatan KTP, data kesehatan dan pendidikan yang akan digarap berbasis Web untuk menjawab Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sehingga data dapat dikendalikan secara real time sebab dari data yang benar, berkualitas dan akurat akan mendukung proses perencanaan pembangunan di daerah dan terjadinya efisiensi.


Beberapa permasalahan mendasar disampaikan Bupati dalam diskusi dengan MPH Sinode GPM antara lain : program pengembangan di bidang Infrastruktur, Pertanian dan Peternakan dan  realita kondisi kehidupan di Kab MBD.  Dimana warga MBD bisa mengelolah namun terbatas sarana dan prasarana. Bupati juga mengatakan “MBD sampai dengan sekarang ini masih terdapat pekerjaan rumah yang harus diselesaikan, antara lain listrik dan transportasi antar pulau masih menjadi kendala utama. Transportasi  yang sudah ada saat ini masih bergantung pada jadwal sehingga butuh waktu berhari-hari bahkan satu minggu sehingga menjadi kendala untuk waktu dan efisiensi kerja. Penyelesaian kendala listrik dan transportasi maka tentu akan mendukung produktifitas pangan lokal dalam kaitannya dengan pemasaran antar pulau di MBD untuk peningkatan ekonomi rakyat ”.

Ketahanan pangan lokal harus diimplementasi dalam meuwujudkan kesejahteran masyarakat, maka budidaya hasil alam, transportasi antar pulau dan kelistrikan harus dibenahi, sehingga setidaknya dapat meningkatkan mobilitas laju pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Dalam kesempatan ini juga Bupati menyampaikan harapannya terkait peningkatan pendidikan di Kab. MBD. Berdasarkan realita yang terjadi hanya Sekolah Dasar Negeri yang diperhatikan oleh Pemerintah. Oleh sebab itu Bupati mengusulkan agar sekolah yayasan GPM yang ada di Kab. MBD dijadikan sebagai Sekolah Negeri agar dapat mendorong perkembangan dari siswa dan juga guru. Dalam hal ini Pemerintah Kab. MBD siap mendukung dan membantu proses tersebut.

Ketua Sinode menanggapi hal yang disampaikan oleh Bupati MBD dengan menyatakan GPM siap bersinergi dengan Pemkab MBD untuk upaya pemberdayaan masyarakat. Sesuai data yang diumumkan bahwa terdapat 6 Kabupaten tertinggal di Provinsi  Maluku dan 2 Kabupaten di Maluku Utara dan semuanya merupakan bagian dari GPM. “ Kita rancang dan bersinergi bersama untuk hal tersebut dengan fokus utama sumber pangan lokal sebagai simbol ketahanan ekonomi daerah” ucap Ketua Sinode. Hal ini yang akan didorong agar masyarakat kita berdaya secara ekonomi melalui potensi mereka.  Ketua sinode mendukung usaha-usaha yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya dengan harapan tetap menghidupkan ciri dan budaya khas dari MBD

Terkait peningkatan status pendidikan Sekolah Dasar, Ketua Sinode menjelaskan bahwa GPM akan melakukan pengembangan sekolah-sekolah  yayasan, setidaknya ada satu yang menghasilkan “Sekolah Model” serta menghasilkan  satu sekolah model, yang akan menjadi target pencapaian sinode GPM kedepannya. (sumber: MC.GPM)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment