WARTA BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAERAH KABUPATEN MBD 2019

July 10, 2019 1:17 am

KAJIAN KESIAPAN MASYARAKAT MALUKU BARAT DAYA  DALAM MENGHADAPI PENGOPERASIAN BLOK MASELA

Kebijakan ekplorasi dan eksploitasi Blok Masela merupakan suatu kebijakan investasi yang sarat dengan teknologi tinggi ini dapat menciptakan perubahan sosial ekonomi dan sosial budaya secara radikal di wilayah Maluku dan khususnya di wilayah terpencil di Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) dan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD). Pengembangan eksplorasi dan ekploitasi Blok Masela memerlukan pembangunan infrastruktur yang mampu membuka wilayah MTB dan MBD  dari isolasi geografis, sehingga berpotensi besar untuk menciptakan kemanfaatan bagi masyarakat, terutama yang berada di daerah di mana investasi dilaksanakan. Eksplorasi gas alam Blok Masela berada juga di kawasan Kabupaten Maluku Barat Daya, maka perlu adanya konsep penetapan sebuah kawasan yang nantinya dipersiapkan untuk menyangga kehadiran eksplorasi tersebut dalam rangka pembangunan ekonomi.

Kehadiran Eksplorasi gas alam Blok Masela bagi masyarakat di kabupaten Maluku Barat Daya memberikan manfaat yang cukup signifikan, hal ini terlihat dari respon masyarakat terhadap peluang pengembangan usaha dan peluang pengembangan ekonomi masyarakat. Kehadiran Blok Masela mengubah paradigma berpikir masyarakat, yang meliputi motivasi masyarakat dan perubahan perilaku melakukan usaha. Usaha pengembangan infrastruktur dan sarana transportasi untuk mendukung pembangunan ekonomi. Pengembangan sektor unggulan ekonomi daerah kawasan penyangga terlihat bahwa yang menjadi sektor unggulan adalah sektor pertanian, kehutanan dan perikanan berbasis hasil produk ini harus dapat dipasarkan. 

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Badan Penelitian Dan Pengembangan Daerah Kabupaten Maluku Barat Daya bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pattimura  pada tahun 2018 menunjukkan bahwa masyarakat Maluku Barat Daya siap menyongsong pengoperasian Blok Masela dengan catatan harus disertai dengan pendampingan dari Pemerintah Maluku Barat Daya dengan menjalankan strategi pengembangan, yaitu penciptaan daya saing produk sektor pertanian, kehutanan dan perikanan guna memiliki nilai ekonomis, peningkatan sarana prasarana penunjang dalam melakukan usaha produksi, pengembangan dan pemberdayaan usaha ekonomi masyarakat, pendampingan bagi usaha masyarakat  yang dilakukan oleh dinas terkait,  peningkatan kualitas tenaga kerja, penjajakan dan pengembangan potensi pasar bagi produk hasil panen dan olahan masyarakat, dukungan lembaga perbankan  dalam memperlancar transaksi dan pengembangan modal usaha, penanganan Pasca Panen, serta pembentukan kelembagaan usaha ekonomi bagi masyarakat.

DOKUMENTASI KELITBANGAN

KAJIAN KESIAPAN MASYARAKAT MALUKU BARAT DAYA DALAM MENGHADAPI PENGOPERASIAN BLOK MASELA

Koordinasi dengan Lemigas mengenai pengoperasian Blok Masela
Penelitian pada masyarakat kawasan daerah penyangga
Penelitian pada masyarakat daerah penyangga
Seminar Akhir


Bagikan artikel ke :